Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran beberapa waktu lalu melakukan sidak ke gedung Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya.
Dalam kesempatan itu, Kapolda pun berbincang-bincang dengan Satpam Bank DKI di gerai Samsat mengenai cara pelayanan Satpam Bank DKI kepada masyarakat.
Dari hasil sidak dan perbincangan Kapolda dengan Satpam Bank DKI, bisa kita ambil kesimpulan bahwa tindakan Kapolda Metro Jaya wajib ditiru, terutama ditiru jajaran anggota kepolisian di Polda Metro Jaya maupun seluruh Indonesia.
Kita ketahui bahwa beberapa waktu lalu terjadi pelayanan kepolisian di wilayah Polsek Pulo Gadung Jakarta Timur yang diduga menolak laporan masyarakat yang tertimpa musibah perampokan di jalan.
Dari kejadian itu oknum polisi yang tidak menerima laporan masyarakat korban perampokan tersebut viral di media sosial dan akhirnya diperiksa etik di Bidang Propam Polda Metro Jaya.
Dari sidak Kapolda Metro Jaya tersebut dapat kita lihat bahwa Jenderal Fadil Imran ingin melihat secara jelas dan belajar kepada Satpam Bank DKI mengenai pelayanan terbaik yang seharusnya ditiru dan diterapkan jajaran anggota Polisi di wilayah Polda Metro Jaya.
Harapannya, hasil sidak ini wajib diterapkan di wilayah hukum Polda Metro Jaya dalam sistem pelayanan kepada masyarakat.
Alangkah baiknya Jenderal Fadil Imran mensosialisasikan apa yang beliau lihat mengenai sistem pelayanan pihak Satpam Bank DKI kepada jajaran anggotanya di Polda Metro Jaya.
Begitu indahnya ketika pelayanan kepolisian di setiap Polsek, Polres, Polda dengan yang ditunjukkan oleh Satpam Bank DKI agar menciptakan kepercayaan masyarakat begitu penuh kepada kepolisian.