Lihat ke Halaman Asli

Juan Manullang

Penulis Lepas

Gibran Bisa Kalah Andai KAMI Din Syamsuddin Deklarasi di Solo

Diperbarui: 29 Agustus 2020   08:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Ricardo/JPNN.com

Sosok Gibran Rakabuming yang sudah pasti menjadi calon walikota Solo dalam sebuah pemberitaan bisa dikalahkan dengan kehadiran Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia atau KAMI Din Syamsuddin.

Pengamat politik Satyo Purwanto, kekalahan Gibran bisa terjadi andai KAMI menggelar deklarasi di Solo.

"KAMI bisa deklarasi di Solo, calon independen bisa dapat dukungan dalam waktu singkat, atau Satyo dalam pesan singkat kepada JPNN.com, 28/8.

Satyo menerangkan, KAMI merupakan gerakan oposisi pemerintah era Joko Widodo. Sementara itu, sosok Gibran sangat kental dengan Jokowi.

Jika deklarasi di Solo maka rakyat yang simpatik otomatis mendukung kandidat yang tidak berkaitan dengan Jokowi.

Atas uraian itu, apa benar Gibran kalah andai KAMI deklarasi di Solo?. Pernyataan itu seperti terlalu percaya diri, padahal masih dalam tataran perspektif pribadi.

Kalau memang KAMI Din Syamsuddin niatnya untuk memberi kekalahan pada Gibran karena diduga dinasti politik, mengapa tidak deklarasi saja di Solo?.

Kalau boleh, KAMI yang sekarang beramai-ramai mendukung pasangan independen Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) yang sekarang berjuang agar bisa melawan Gibran.

KAMI kenapa tidak jadi tim sukses atau tim pemenangan saja bagi Bajo sebelum hari pencoblosan digelar agar apa yang disampaikan tersebut benar atau tidak.

Penulis ingin sekali melihat bagaimana kekuatan dari KAMI Din Syamsuddin dalam pesta demokrasi pilkada tahun ini. Kita mau tahu apa sebenarnya kemampuan KAMI bisa memenangkan calon lawan Gibran.

Sedangkan KAMI dibentuk berdasarkan gerakan moral bukan gerakan politik. Kalau KAMI ikut jadi tim pemenangan salah satu calon dalam pilkada, maka benar dugaan selama ini KAMI Din Syamsuddin adalah bagian dari gerakan politik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline