Lihat ke Halaman Asli

Juan Manullang

Penulis Lepas

Membiasakan Diri Berbisnis Online di Masa Pandemi

Diperbarui: 15 Juni 2020   10:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Pixabay

Di masa Pandemi Covid-19 ini banyak para karyawan atau pekerja yang kehilangan pekerjaan atau di-PHK dan ada yang dirumahkan.

Dari kejadian itu, kita jangan terus putus asa maupun risau karena banyak hal yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah berbisnis online.

Di Facebook milik penulis, ada beberapa teman yang menjual peralatan makeup melalui akun Facebook mereka. Ada juga menjual buah-buahan seperti jambu, alpukat, mangga dan lainnya.

Ada juga yang menjual  baju-baju dan tas melalui siaran langsung Facebook. Itu adalah bagian dari berbisnis online yang gampang dan menghasilkan uang dengan halal dan mudah.

Itu adalah sisi kreatif dari masyarakat yang memang harus kita teruskan dan lestarikan.

Dampak positifnya begitu dirasakan para pekerja, atau karyawan dan pengusaha.

Seperti Diondy Kusuma, pemilik Diana Bakery mengatakan salah satu kegiatan kunci keberhasilannya mempertahankan bisnis di tengah Pandemi adalah dengan memanfaatkan penjualan online (dilansir dari Viva.co.id, 12/6/2020).

Atas dasar ituusaha tersebut tidak harus sampai merumahkan karyawan. Itu adalah bentuk dari pengaruh positif berbisnis online.

Disaat para masyarakat saat ini masih sangat was-was untuk keluar rumah membeli barang kebutuhan, makanan, minuman dan lainnya. Jadi jasa penjualan online adalah salah satu yang diandalkan.

Tinggal mesan melalui aplikasi saja, apa yang dipesan akan diantar melalui aplikasi ojek online. Mau dalam bentuk barang pun demikian, akan diantar juga.

Era kecanggihan teknologi saat ini sudah sangat memudahkan kita untuk belanja, berusaha dan memesan segala bentuk barang dan bahan kebutuhan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline