Lihat ke Halaman Asli

Juan Manullang

Penulis Lepas

New Normal, Melatih Anak Disiplin Protokol Kesehatan

Diperbarui: 13 Juni 2020   08:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: freepik.com dilansir dari Republika.co.id

Masa new normal saat ini jangan sampai melupakan anak-anak kita pentingnya protokol kesehatan menghindari penyebaran Covid-19 terhadap anak.

Jangan hanya orangtua saja menerapkan protokol kesehatan, tetapi anak tidak. Itu sangat berbahaya tentunya bagi anak.

Edukasi mengenai apa itu protokol kesehatan seperti social distancing, pakai masker, cuci tangan pakai sabun harus jadi pelajaran utama di tengah Pandemi.

Hal itu akan berdampak baik agar orangtua tidak ketakutan andai sekolah direncanakan dibuka di pertengahan bulan Juli oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Beberapa pemberitaan mengabarkan bahwa orangtua enggan maupun tidak mau membebaskan anak bersekolah di bulam Juli kalau penyebaran masih terjadi.

Padahal, pemerintah akan mewacanakan protokol kesehatan yang ketat di sekolah, tetapi ada pendapat orangtua bahwa anak sulit disiplin pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan.

Tidak ada yang mengawasi dan memastikan anak menerapkan protokol kesehatan secara penuh di sekolah.

Maka dari itu, mencegah ketakutan orangtua, tak ada salahnya mengedukasi dan mengajarkan anak pentingnya protokol kesehatan.

Komisioner Bidang Pendidikan KPAI Retno Listyarti mengatakan," Pakai masker itu butuh latihan sehingga anak-anak perlu dilatih bagaimana caranya memakai masker dengan benar. Pertama 30 menit. Berikutnya ditambah 10 menit setiap hari sehingga ketika mereka masuk sekolah, anak-anak sudah terbiasa memakai masker dalam waktu lama," katanya dilansir dari Republika.co.id 12/6/2020.

Apa yang dikatakan Bu Retno itu sangat benar. Anak-anak kalau diajari terbiasa pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan, maka selanjutnya dia akan mengingat hal tersebut.

Tak perlu lagi orangtua risau jika masuk sekolah nanti anak-anak tidak menerapkan protokol kesehatan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline