Lihat ke Halaman Asli

Juan Manullang

Penulis Lepas

Terapkan PSBB Malah Makin Masif Penyebaran Virus Corona, Kok Bisa?

Diperbarui: 15 Mei 2020   19:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: ANTARA FOTO

Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB sudah berlangsung di berbagai daerah sampai berjilid-jilid. Namun, ternyata ditemukan masih banyak kasus-kasus penyebaran virus Corona, sehingga semakin membuktikan PSBB tidak efektif.

Kabar di pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mengkaji pelaksanaan PSBB tingkat provinsi yang akan berakhir 20/5/2020.

Daud Achmad sebagai Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Jawa Barat mengatakan, pihaknya akan mengevaluasi PSBB skala provinsi pada H-3 berakhirnya pembatasan tersebut. Sehingga, dirinya belum bisa memastikan apakah akan diperpanjang atau tidak.

Namun, lanjut Daud berdasarkan hasil kajian Universitas Padjajaran Bandung, penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Jawa Barat tetap meningkat meski diberlakukan PSBB (dilansir mediaindonesia.com, 14/5/2020).

Kok bisa?

Dari pernyataan di atas mengundang tanya buat kita, kok bisa PSBB diterapkan bukan malah mengurangi kasus penyebaran Virus Corona malah semakin bertambah?

Bisa jadi, jawabannya adalah penerapan tidak efektif, masyarakat ngeyel dan ketegasan pemerintah setempat masih kurang maksimal.

Ya, tak logis bila penerapan PSBB dilakukan secara penuh, tegas dan ketat, pasti tidak akan bertambah kasus terinfeksi virus Corona. Berarti masyarakat masih mengabaikan namanya social distancing, masih melakukan interaksi sosial dengan masyarakat lainnya, masih tidak menggunakan masker saat keluar rumah dan tidak mencuci tangan pakai sabun.

Di sini dapat dikatakan pemerintah kurang sigap dan tegas, baik dalam memberikan edukasi bagi masyarakat terkait virus Corona dan penindakan bagi masyarakat yang ngeyel dan tidak menerapkan protokol kesehatan. Harusnya lebih banyak memonitor setiap aktivitas masyarakat baik di kota maupun di desa. 

Lebih menjalin kerjasama dengan aparat desa dan kelurahan agar masyarakat di bawah mematuhi aturan dan himbauan yang berlaku. Cara itu sepertinya lebih baik dan bisa memastikan penerapan PSBB lebih ketat dan efektif.

Kalau seperti ini di mana kasus makin bertambah dengan adanya PSBB, maka makin merugikan pemerintah khususnya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline