Lihat ke Halaman Asli

Juan Manullang

Penulis Lepas

Selamat Tinggal Tahun 2019, Mari Menatap Tahun Baru 2020

Diperbarui: 31 Desember 2019   11:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Suasana pesta kembang api di Simpang Tugu Pap Putih Yogyakarta, Tribunjogja.com

Di malam pergantian tahun hari ini, kita bersama-sama akan menyambut tahun baru 2020. Di tahun 2019 tentu ada suka dan duka yang kita alami selama ini. Banyak hal yang belum tercapai, sehingga tahun 2020 adalah momen untuk mencapai itu.

Akan tetapi, saya pribadi masih saja memiliki rasa pesimis di tahun 2020 akan menjadi tahun yang lebih baik. Hal itu karena harapan saya di tahun sebelumnya sama-sama saja ingin kesehatan, rezeki dan cita-cita dapat terwujud.

Namun, diantara ketiga itu, kesehatan yang terus saya rasakan, tetapi harapan dan cita-cita belum juga terwujud. Oleh karena itulah, saya berharap cita-cita itu dapat terwujud di tahun 2020.

Bukan itu saja, rasa pesimisme itu semakin menguat ketika media cetak yang saya dan masyarakat Sumut cintai performanya sudah menurun. Sampai sekarang saya tak bisa move on soal itu. Kemana lagi saya harus mengirimkan banyak tulisan di tahun 2020 ini?. Sebenarnya tidak cukup bagi saya hanya di akun Kompasiana ini karena begitu banyak kegelisahan, celotehan dan masukan yang ingin saya tuliskan. Ah, semoga saja banyak hal indah di tahun 2020.

Selanjutnya, begitu juga bagi bangsa dan negara kita. Di tahun 2020 pasti banyak harapan yang ingin diraih demi sebuah kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Terutama dari bidang pembangunan, ekonomi, sosial, hukum, budaya dan bidang lainnya. Kita ketahui bahwa tahun 2019 kita masih merasakan banyak masalah terutama terkait perpolitikan, dimana marak ujaran kebencian dan hoaks saat pemilu kemarin. 

Belum lagi kasus hukum yang menjerat para pelaku ujaran kebencian itu dan kasus korupsi lainnya dan banyak lagi sebenarnya.

Harapannya itu dapat berkurang dan kita menatap pada program baru pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin yang dijanjikan dalam pemilu kemarin dapat terwujud.

Ya, itu adalah keinginan dan cita-cita kita. Semoga Presiden Jokowi dapat menjawab keinginan rakyat tersebut. Itulah harapan kita di tahun baru 2020.

Semoga kita dapat lebih berkembang dari tahun 2019. Program kartu pra kerja, sembako murah dan KIP-KULIAH dapat diluncurkan tahun 2020.

Pak Jokowi-Ma'ruf Amin Kiranya mendengar ini dan segera bergegas untuk bekerja di tahun yang baru. Semua itu demi kepentingan umum.

Dan esok hari saya ingin menuliskan lebih lanjut harapan khusus di tahun baru 2020. Salam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline