Lihat ke Halaman Asli

Juan Manullang

Penulis Lepas

Prabowo dan Surya Paloh Makin Kompak

Diperbarui: 26 Oktober 2019   12:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Media Indonesia/RAMDANI

Terlihat jelas kekompakan antara Prabowo Subianto dan Surya Paloh saat-saat ini. Kedua tokoh tersebut bersendau gurau bersama tokoh politik lainnya saat menghadiri pelantikan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara (25/10). Tentu itu penampakan yang menarik dan tidak pernah kita lihat saat pertarungan politik di pemilu 2019 yang lalu.

Sepertinya semuanya sudah mencair antar partai politik pendukung pemerintah dan oposisi di pemilu April lalu. Kalau begini, artinya semua partai ingin bersatu untuk membangun bangsa dan negara bersama. Politik panas bisa mencair dalam sekejap. Politik itu benar-benar tak terduga dan tak bisa terpikirkan oleh siapa saja. Semua dapat berubah secepat kilat. Politik bagi saya seperti sandiwara sebagaimana aktor atau aktris film memainkan sebuah film. Di dalam film mereka berperan sebagai antagonis dan ada protagonis, tetapi setelah selesai semuanya adalah kawan.

Itulah yang sedang kita lihat dari sosok Prabowo Subianto dan Surya Paloh. Mereka tampak kompak dan tak ada beban, meski Gerindra masuk koalisi dan mendapatkan dua kursi menteri. Tapi, tak tahu juga di tahun 2024, bisa jadi mereka akan jadi lawan kembali. Politik oh politik banyak kepentingan yang tidak kita ketahui. Politik memang fenomenal dari berbagai bidang ilmu lainnya.

Jika semua partai politik sudah bersatu dan mencair, dampak baiknya adalah bagi bangsa dan negara ini. Tidak ada lagi polarisasi kubu A dan kubu B. Kita sudah bersatu dan fokus membangun bangsa dan negara. Pertarungan selesai, maka selesai juga semuanya. Akan tetapi, ada juga dampak buruknya karena koalisi gemuk yang mengakibatkan sikap kritis akan berkurang, karena Gerindra sudah jadi koalisi.

Terlepas dari itu, semoga saja kemesraan antara Prabowo dan Surya Paloh tidak selesai sampai saat ini, tetapi bisa langgeng di waktu-waktu yang akan datang. Begitu juga partai lainnya bisa langgeng dengan partai koalisi pemerintah dengan tetap mempertahankan sikap kritis terhadap setiap kebijakan yang masih kurang memperhatikan rakyat.

Teruslah begini agar para "buzzer" yang selama ini diperbincangkan hilang dimakan oleh waktu dan kemesraan para politisi partai politik.  JIka sikap Prabowo dan Surya Paloh makin kompak, ya tentu kita dukung saja. Politik memang tidak mengenal kawan dan lawan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline