Lihat ke Halaman Asli

Juan Manullang

Penulis Lepas

Gagalkah Anies Ketika Perluas Ganjil-Genap Tak Ampuh Kurangi Polusi?

Diperbarui: 8 Agustus 2019   12:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Kompas.com)

Jurus Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat merekomendasikan perluas ganjil genap sebagai bentuk mengurangi polusi udara di Jakarta ternyata dinilai tak banyak memberikan pengaruh.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno menilai kebijakan itu tak tepat sasaran. Menurutnya, pembatasan hanya kepada mobil tidak akan terlalu berdampak pada perbaikan kualitas udara di Jakarta. Anies harusnya berani juga menerapkan pada kendaraan roda dua (cnnindonesia.com, 8/8/2019).

Kritikan itu harusnya didengarkan Pak Anies karena pendapatnya begitu baik. Bisa juga diterapkan di Jakarta dalam upaya mengurangi polusi udara. Jika dibiarkan begitu saja ganjil-genap hanya untuk mobil dan angkutan lainnya, maka tidak akan berarti apa-apa upaya pemerintah DKI Jakarta mengurangi polusi.

Percuma saja semua itikad baik itu. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa Anies gagal dalam menerapkan aturan ganjil genap untuk mobil saja menurut pengamat tersebut. Secepatnya, Anies harus bekerja mendengarkan kritikan dari berbagai pihak demi kebaikan DKI Jakarta dan masyarakatnya.

Saran Pak Jokowi pun harus didengarkan dengan memperbanyak kendaraan listrik di Jakarta. Selanjutnya, Pak Anies mengajak masyarakat untuk beraktivitas maupun bekerja dengan memakai kendaraan umum seperti MRT maupun Commuter Line. Karena kendaraan tersebut termasuk ramah lingkungan dan tidak membuat pencemaran udara atau polusi.

Harapannya, secepat mungkin Anies merealisasikan kritikan itu agar masyarakat tidak lam-lama tersiksa karena polusi udara dan Pak Anies tidak diserang oleh masyarakat dengan kata-kata tidak mengenakkan karena lamban dalam upaya mengurangi polusi udara.

Jangan sampai Pak Anies gagal dalam mewujudkan Jakarta bebas polusi udara. Namanya seorang pemimpin harusnya mampu menjawab keinginan rakyat secara nyata. Hindarkan kegagalan dan tataplah keberhasilan.

Semoga saja, kegagalan kecil dari kebijakan perluas ganjil genap hanya untuk mobil dan angkutan umum lainnya dapat diperluas juga bagi pengendara sepeda motor. Semoga saja, saran itu dapat dilakukan dan dapat berbuah manis sebagaimana kita inginkan bersama. Polusi udara harus disingkirkan dengan kebijakan yang baik dan benar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline