Lihat ke Halaman Asli

Juan Manullang

Penulis Lepas

Sah, Demokrat Tak Lagi Berkoalisi dengan BPN

Diperbarui: 8 Juni 2019   15:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: news.detik.com

Selama ini kita melihat bagaimana koalisi di BPN Prabowo-Sandi, dimana ada partai Gerindra, Demokrat, PKS dan PAN dalam koalisi, namun tidak berjalan akur. Dalam tulisan sebelumnya, saya sudah menguraikan bahwa ketidak-akuran itu terlihat saat Prabowo-Sandi berkampanye, dimana partai Demokrat yang dipimpin oleh Komandan Kogasma Agus Harimurti Yudhoyono tidak ikut.

Hal ini menerangkan bahwa tidak ada namanya kesetiaan atau loyalitas dan condong politik setengah hati. Belum lagi kader-kader Demokrat banyak beralih dukungan ke Jokowi-Ma'ruf Amin.

Semakin diperjelas juga oleh Kadiv Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean "Hubungan antara Partai Demokrat dengan Koalisi 02 memang agak terganggu terutama pasca hari-hari terakhir, Bu Ani pun menjadi korban, dirundung oleh pendukung 02 dan terakhir juga apa yang terjadi di Cikeas, saat Prabowo bertemu dengan Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono), mengucapkan belasungkawa tapi akhirnya menjadi politik, mengotori suasana duka dan itu tentunya akan membuat suasana tak nyaman," (detik.com 8/6/2019).

Semakin jelaslah bahwa serangan-serangan antar koalisi selama ini sudah membuat renggang hubungan koalisi BPN Prabowo-Sandi. Ditambah lagi, adanya kunjungan petinggi partai dengan Pak Jokowi semakin memperjelas hal tersebut.

Dari keterangan Ferdinand, maka sudah terjawab pertanyaan masyarakat mengenai kesolidan koalisi mereka. Ternyata sudah jelas Demokrat dengan BPN sudah tidak akur dan sudah terpecah. Karena itu, Demokrat juga sudah bebas mau condong dan masuk ke pihak yang mana. Tidak ada lagi istilah menjaga etika politik koalisi karena sudah jelas tidak lagi berkoalisi.

Setengah hati

 Kalau setiap pekerjaan yang dilaksanakan dengan setengah hati, maka hasilnya pun tidak akan bagus. Lihatlah koalisi BPN yang berekspektasi mau menang di pemilu, ternyata tidak menang juga.

Menurut keterangan dari politisi partai Demokrat bahwa Prabowo tidak mau mendengarkan saran dari Demokrat, sehingga harus kalah. Bagi saya bukan itu saja. Demokrat juga terlihat setengah hati juga dalam berkoalisi sejak awal.

Masih ada keinginan mau masuk koalisi sebelah, tetapi karena tidak ada hubungan harmonis membuat gagal masuk koalisi TKN.

Sedari awal, jika tidak sepenuh hati berkoalisi, maka hasilnya seperti ini. Koalisi tidak solid hingga akhirnya pecah dan yang diusung juga tidak menang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline