Lihat ke Halaman Asli

Masa Depan Ada di Genggaman Perguruan Tinggi?

Diperbarui: 29 November 2022   10:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Seberapa pentingkah perguruan tinggi guna membantu kita menyongsong masa depan yang cerah?

Tak sedikit masyarakat yang menomor satukan pendidikan tinggi bagi anak-anaknya. Bukan tanpa alasan, perguruan tinggi (PT) sudah dianggap sebagai modal anak untuk berkarir di dunia perkantoran dengan jenjang tertentu. Anggapan ini begitu mengakar, hingga mereka yang tak berkuliah dianggap memiliki masa depan yang suram.

Apakah benar masa depan ada di genggaman PT?

Faktanya, tidak semua yang memperoleh gelar begitu mulus dalam berkarir. Ada banyak pula sarjana-sarjana yang bahkan tak tahu ingin melakukan apa setelah kelulusannya. Lalu siapa yang memegang kendali? Diri kita sendiri! PT hanya memberikan kita fasilitas untuk mengeksplorasi potensi diri.

Jika kita menganggap hanya PT yang menjadi tempat kita mengeksplorasi diri itu juga merupakan salah satu indikasi bahwa kita cacat berpikir. Bahkan lingkungan masyarakat disekitar kita juga mampu menjadi tempat kita dalam mengeksplorasi potensi diri. 

Jadi jika masih terdapat banyak pengangguran di Indonesia, kira-kira yang salah siapa?

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline