Lihat ke Halaman Asli

Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dalam Marketing

Diperbarui: 22 Juni 2022   00:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia juga menjadi bahasa persatuan Bangsa Indonesia bahwa Indonesia juga digunakan dalam kegiatan marketing saat ini.

Bahasa marketing adalah bahasa yang digunakan untuk menjual sebuah produk atau jasa. 

Pada dasarnya, bahwa marketing merupakan permaianan kata-kata yang dapat menarik perhatian calon pembeli hingga mereka mau membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Bagi perusahaan, pembisnis, atau pedagang lainnya bahwa marketing sangat penting sebagai suatu strategi penjualan atau promosi serta penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk mengahasilkan pertukaran yang saling menguntungkan untuk pemasaran produk.

Dengan meningkatnya bisnis online saat ini bahasa marketing baik manjadi faktor utama Yang paling penting bagi usaha, terutama bagi seseorang yang baru terjun dalam dunia bisnis. 

Namun bahasa marketing ini juga sering di manfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Seperti kasus yang baru baru ini tentang bisnis atau investasi bodong, mereka menarik pelanggan dengan bahasa marketing sebaik mungkin untuk ikut bergabung di bisnis atau investasi bodong mereka. 

Dan ternyata banyak juga menjadi korban dengan bisnis atau investasi bodong tersebut. Dengan pintar nya mereka dalam bahasa marketing membuat kerugian besar bagi korbanya. Ini adalah salah satu contoh penggunaan bahasa Marketing yang salah.

Fungsi bahasa yang baik dalam marketing merupakan komponen komunikasi yang bisa digunakan untuk menawarkan suatu barang kepada konsumen dengan lebih baik. Dalam menawarkan suatu barang atau jasa yang di jual sebagai penjual harus mampu memiliki bahasa yang sopan yang mudah dimengerti, dapat membuat calon pembeli merasa nyaman dengan pelayanan atau juga barang yang ditawarkan. 

Komunikasi pemasaran dapat memberitahukan kepada konsumen tentang bagaimana dan mengapa produk itu digunakan oleh orang. Konsumen dapat mempelajari tentang produk apa, siapa yang memproduksi, mereknya apa, cocok dikonsumsi oleh siapa, apa keunggulannya, dapat diperoleh dimana, dan bagaimana caranya memperoleh produk itu.

 Dengan demikian pemasaran memiliki peran yang sangat penting bagi perusahaan untuk mengkomunikasikan produk yang dipasarkan kepada pasar sasaran secara lebih luas, bahkan dapat berkonntribusi dengan menanamkan merek dalam ingatan dan menciptakan citra merek, serta mendorong penjualan, dan memperluas pasar.

Dalam pada proses penawaran produk atau barang sebagai penjual harus mampu memberikan informasi tentang produk dan berusaha menginformasikan keunggulan dan manfaat dari produk yang akan ditawarkan tersebut. Bahasa yang baik dalam marketing inilah sangat penting bagi penjual dalam mempromosikan barang atau jasa kepada konsumen. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline