Setiap hari tentunya kita melakukan komunikasi, karena komunikasi adalah aktivitas dasar manusia. Dengan berkomunikasi tentu membantu dalam slaing berhubungan datu sama lain baik.
Komunikasi sangatlah penting, komunikasi membentuk system sosial yang saling membutuhkan satu sama lain, maka dari itu komunikasi dan manusia merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan.
Komunikasi adalah proses dimana informasi dan pemahaman ditransfer antara pengirim dan penerima (Daft, 2018). Komunikasi adalah proses atau tindakan penyampaian pesan (message) dari pengirim (sender) ke penerima (receiver), melalui suatu medium (channel) yang biasa mengalami gangguan (noice).
Proses pengiriman, penerimaan, dan umpan balik yang berkelanjutan untuk menguji pemahaman mendasari komunikasi manajemen dan kepemimpinan.
Leading Strategic Conversations
Strategic Conversations merupakan komunikasi yang terjadi lintas batas dan tingkat hierarki tentang visi kelompok atau organisasi, tema strategis kritis, dan nilai-nilai yang dapat membantu mencapai hasil yang diinginkan. Untuk terciptanya percakapan/komunikasi yang strategis pemimpin perlu melakukan hal-hal sebagai berikut:
1) Bertanya/mengajukan pertanyaan dan secara aktif untuk mendengarkan orang lain, memahami sikap mereka serta nilai, kebutuhan, tujuan pribasi serta keinginan mereka.
2) Menggarisbawahi strategis utama yang berkaitan dengan keberhasilan organisasi
3) Memilih saluran komunikasi yang tepat dan memfasilitasi dialog.
Creating an Open Communication Climate
Open Communication artinya berbagi atas semua jenis informasi yang berkaitan dengan organisasi. Open communication atau keterbukaan komunikasi merupakan hal yang bertentangan dengan aliran tradisional. Maksudnya, kalau biasanya informasi itu mengalir dari atas ke bawah atau hanya satu arah saja (supervisor ke karyawan).