Lihat ke Halaman Asli

Plesir Anti Khawatir dengan QRIS Cross-Border

Diperbarui: 5 November 2023   22:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Laman Bank Indonesia

Pernahkah Sobat saat plesiran ke luar negeri, niatnya senang-senang malah merasa was-was dan resah karena membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak? Apalagi bingung harus selalu dibawa atau ditinggal di hotel biar aman? Say no more, karena mulai saat ini kamu bisa melakukan transaksi secara cepat, mudah, murah, aman, dan handal (CEMUMUAH) yang tentunya dengan menggunakan QRIS Cross-border.

Apa sih QRIS Cross-border itu? Seperti dikutip dari laman Bank Indonesia, QRIS Cross-border adalah sistem pembayaran lintas negara (cross-border payment) berbasis kode QR yang dapat digunakan saat bertransaksi di negara lain. Pembayaran digital dengan menggunakan QRIS Cross-border merupakan salah satu inovasi yang dihadirkan oleh Bank Indonesia untuk memudahkan transaksi antar negara di Kawasan ASEAN. Nah, dengan QRIS antarnegara ini Sobat tidak perlu lagi menukar mata uang negara yang akan dikunjungi dan merasa was-was karena dengan cukup membawa ponsel genggam saja kamu bisa berbelanja dengan mudah di luar negeri tanpa perlu khawatir dengan perbedaan mata uang atau biaya transaksi lainnya.

Misi Indonesia dalam Keketuaan ASEAN 2023

Sumber: Laman Bank Indonesia

Kerja sama sistem pembayaran berbasis kode QR ini merupakan wujud nyata implementasi dari G20 Roadmap for Enchancing Cross-border Payments, serta menjadi terobosan dalam memperkuat integrasi ekonomi regional. Keketuaan pada KTT ASEAN 2023 memberikan Indonesia posisi yang sangat strategis, dengan membawa misi penguatan dan pengembangan sistem pembayaran antar negara yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif, Bank Indonesia selaku pemangku kekuasaan moneter dan sistem pembayaran di Indonesia menjadi garda terdepan dalam menyukseskan Regional Payment Connectivity (RPC) di ASEAN. Hal ini selaras dengan pengembangan QRIS yang terus dilakukan Bank Indonesia guna memperluas akseptansi pembayaran nontunai secara CEMUMUAH.

Perluasan konektivitas sistem pembayaran antar negara berbasis kode QR gencar dilakukan Bank Indonesia, penandatanganan kesepakatan bersama mengenai konektivitas pembayaran regional atau Regional Payment Connectivity (RPC) antara gubernur bank sentral Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, dan Vietnam pada Pertemuan Gubernur Bank Sentral dan Menteri Keuangan ASEAN (AFMGM) ke-10 di Jakarta tanggal 25 Agustus 2023 merupakan upaya perluasan dari Nota Kesepahaman Kerja Sama Konektivitas Pembayaran Kawasan yang telah ditandatangani oleh Bank Indonesia (BI), Bank Negara Malaysia (BNM), Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP), Monetary Authority of Singapore (MAS) dan Bank Of Thailand (BOT) yang dilakukan dalam rangkaian acara Leaders Summit KTT G20 di Bali 14 November 2022 lalu. Penandatanganan nota kesepahaman tersebut memperluas jaringan pembayaran di Kawasan ASEAN karena dengan bergabungnya Vietnam, implementasi Quick Response Indonesian Standard (QRIS) antarnegara atau QRIS Cross-border dapat dilakukan di negeri naga biru tersebut.

Setelah sukses mengimplementasikan transaksi menggunakan QRIS Cross-border di Thailand dan Malaysia, Bank Indonesia terus mempererat sinergi dengan negara tetangga yaitu Singapura dan diharapkan QRIS dapat digunakan sebagai kanal pembayaran yang sah di negeri singa tersebut pada akhir tahun 2023. Akselerasi RPC tidak terbatas hanya dengan negara di Kawasan Asia Tenggara, namun juga dikembangkan agar bisa diimplementasikan di Jepang dan Hong Kong nantinya.

Bagaimana cara menggunakan QRIS Cross-border?

  • Buka aplikasi pembayaran dan klik menu "Scan QRIS".
  • Masukkan jumlah nominal yang harus dibayar atau ditransfer dalam mata uang negara asal. Misal 10 ringgit (10RM).
  • Konfirmasi tujuan dan nominal dalam Rupiah (otomatis sudah terkonversi, misal dari 10RM akan otomatis menjadi Rp33.200.)
  • Masukkan PIN, anda akan menerima notifikasi bahwa transaksi berhasil dilakukan.
  • Pembayaran dengan QRIS Cross-border selesai.

Mudah bukan? Demi keamanan, jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan secara teliti dengan memastikan nama tujuan transaksi sesuai dengan yang tertera pada kode QR. Jadi, mulai sekarang Sobat bisa plesir anti khawatir dengan QRIS Cross-border karena QRIS-nya satu, menangnya banyak!

Participant of BI Digital Content Competition 2023




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline