Lihat ke Halaman Asli

2012: Orang Maluku Wajib Nonton

Diperbarui: 25 Juni 2015   21:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13255691801891602379

Penyanyi Glenn Fredly asal Ambon tengah mempersiapkan sebuah film layar lebar berjudul “Cahaya Dari Timur” bertemakan sepak bola dengan latar belakang kerusuhan Ambon beberapa waktu lalu.

Film tersebut adalah kisah nyata anak muda dari Maluku yang merantau ke Jakarta untuk sebuah pertandingan sepak bola. Di tengah suasana serba kacau dan memanas akibat kerusuhan, ada sekelompok anak muda asal Maluku yang berbeda religi tapi satu darah, berangkat ke Jakarta untuk mengikuti kejuaraan sepak bola di bawah usia 15 tahun. Mereka berangkat dengan diiringi tekad menjadikan sepak bola sebagai misi perdamaian.

Pada kejuaraan itu, tim sepak bola asal Maluku akhirnya berhasil melaju ke partai final dan bertemu dengan tim dari Jakarta. Partai final yang disiarkan secara langsung oleh stasiun TVRI, mampu membuat warga Ambon sejenak melupakan permusuhan dan kerusuhan. Mereka beramai-ramai menonton siaran langsung pertandingan tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa sepak bola ternyata bisa meluruhkan konflik yang sedang terjadi.

Syutingnya akan dimulai pada bulan Mei 2012, Glenn Fredly menggaet sutradara Angga Sasongko dan penulis skenario Andy Bachtiar. Sedangkan aktor maupun aktrisnya, hampir 50 persen berasal dari Maluku dan sisanya dari Jakarta,dengan lokasi syuting antara Ambon dan Jakarta. Targetnya, pada liburan akhir tahun 2012 nanti, film tersebut sudah bisa tayang di bioskop-bioskop di Tanah Air.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline