Lihat ke Halaman Asli

Jelajah Museum Kekayon Jogja

Diperbarui: 26 Juni 2015   01:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Yogyakata memamng istimewa, ditambah lagi adanya berbagai rangakaian sejarah bangsa Indonesia yang dapat kita liahat replikannya di museum Kekayon. Museum yang terletak di Jln Yogya-Wonosari jga lebih dikenal dengan Museum Wayang ini menyimpan senjuta sejarah peristiwa pewayangan, dan juga bisa disimbolkan sebagai cagar budaya pewayangan.

Di Museum kekayaon ini  menyimpan juga beribu jenis wayang yuang ada di Tanah Air kita ini. Dari wayang jamanpurba hingga proklamasi. Museum ini sebagai tempat mencari ilmu tetang pewayangan serta kesenian lainnya, yang dimana ditujukan miniatur pewayangan dan replika tkoh wayang yang membuat museum ini menjadi lebih berfavariasi. Dan wayang-wayang  terdapat di dalam gedung-gedung yang mengelilingi pendopo Joglo, dan terdapat pula wayang paling tua yang menjadi daya tarik yang bernama wayang Purwa yang dipentaskan pertama kali sejak yaman Kerajaan Kediri.

Pada saat memasuki museumini kita langsung disuguhi dengan pendopo yang megah bak gunung yang indah terlihat dari kejauhan. Tidak jauh dari tempat itu  teradapat patung Ganesa dan Reog atau Leak yang berada di area pendopo tersebut. terdapat pula gasebo yang indah nan klasik juga ada tiga patung Budha yang memperlihatkan peradapan masuknya agama di Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline