Lihat ke Halaman Asli

Teknik Pomodoro: Teknik Belajar dan Beristirahat yang Efektif

Diperbarui: 4 Desember 2023   20:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

I. Pendahuluan

Belajar merupakan kewajiban bagi setiap mahasiswa. Menjaga diri untuk tetap fokus belajar tentu adalah suatu tantangan. Oleh karena itu, diperlukanlah suatu metode yang sesuai, salah satunya adalah metode Pomodoro.

Metode Pomodoro ditemukan oleh seorang mahasiswa Italia yang bernama Francesco Cirillo pada tahun 1980. Dasar dari metode Pomodoro adalah manajemen waktu. Francesco Cirillo merubah mekanisme belajarnya dengan interval waktu tertentu agar kondisi jasmani maupun rohani dapat tetap terjaga. Ia membagi waktu belajar dan istirahat dengan efisien. Metode ini dikembangkan untuk membantu orang mengatur waktu. Riset menunjukkan bahwa manusia rata-rata hanya bisa fokus dalam konsentrasi tinggi selama 25-30 menit, jika lebih dari itu, maka kemampuan otak untuk mengolah informasi berkurang.

II. Pengertian

Teknik Pomodoro adalah teknik manajemen waktu yang didasarkan pada bekerja dalam sesi kecil dan terfokus dengan istirahat berkala. Metode ini diciptakan oleh Francesco Cirillo pada tahun 1980-an. Nama 'Teknik Pomodoro' berasal dari kata Italia Pomodoro yang berarti tomat, mengacu pada pengatur waktu dapur berbentuk tomat yang digunakan Cirillo selama kuliah.

Siapa pun dapat menggunakan Teknik Pomodoro karena teknik ini menggunakan pendekatan berteknologi rendah: yang diperlukan hanyalah pena, selembar kertas, dan pengatur waktu dapur. Teknik Pomodoro bertujuan untuk memecah pekerjaan menjadi bagian-bagian yang dapat dikelola dan tidak terputus, yang disebut Pomodoro, dan menggunakan bagian-bagian ini untuk secara efektif mengukur jumlah waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu tugas. Pada gilirannya, pengetahuan ini mengarah pada perencanaan yang lebih baik dan peningkatan produktivitas.

III. Prinsip Pomodoro

Prinsip dasar metode Pomodoro melibatkan pembagian pekerjaan ke dalam sesi kerja 'Pomodoro' intensif selama 25 menit dengan menggunakan pengatur waktu dapur. Prosesnya sederhana:

1. Identifikasi tugas yang akan dikerjakan.

2. Tentukan waktu kerja selama 25 menit.

3. Fokus pada tugas hingga waktu berakhir.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline