Lihat ke Halaman Asli

Media Sosial Bukanlah Mainan Lagi

Diperbarui: 16 April 2016   21:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Sumber: Harianti"][/caption]Pada jaman era sekarang kebutuhan manusia semakin banyak yang harus dipenuhi, tidak hanya kebutuhan secara fisiologis saja, melainkan kebutuhan lainnya, seperti salah satunya kebutuhan media sosial dan juga bisa dikatakan merupakan kebutuhan pokok juga, Mengapa ? karena kebutuhan media sosial harus dipenuhi, hampir sebagian orang pasti bermain media sosial, serta mereka seperti orang kecanduan yang akan merasa aneh bila sehari saja jika tidak menggunakan media sosial, entah itu bermain game atau mencari berita. 

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Sedangkan pengertian secara umum, media sosial dapat diartikan sebagai wadah bagi penggunanya untuk saling berinteraksi atau berkomunikasi secara online yang menggunakan media internet. Di media sosial kamu bisa saling berinteraksi dengan pengguna lain, atau mungkin malah menjalin hubungan bisnis dengan orang dari berbagai kalangan.

Saat ini jejaring media sosial sudah banyak sekali jenisnya, bahkan banyaknya akan membuat Anda bingung dalam memilih media sosial apa yang cocok untuk Anda. Tapi pada intinya sosial media hanya memiliki satu fungsi yaitu untuk menjalin komunikasi secara online. Berikut ini beberapa media sosial yang populer di kalangan Indonesia:

Google Plus

[caption caption="Sumber: BlueThirst"]

[/caption]

Google plus adalah jejaring sosial yang dibesut oleh Google pada tahun 2011, kepopuleran Google+ juga sudah mendunia. Google+ menyediakan layanan profile, Google map, Google buzz dan beberapa yang lain yaitu Circles, Hangouts, dan banyak lagi. Tetapi tidak banyak orang yang aktif di Google+ entah karena belum tahu atau memang kesulitan dalam menggunakannya.

Instagram

[caption caption="Sumber: Photo District News"]

[/caption]

Instagram merupakan media sosial tempat berbagi foto atau video yang paling populer saat ini. Pada awalnya Instagram hanya tersedia di aplikasi IOS (iphone / ipad), tapi saat ini sudah tersedia untuk berbagai OS yang lain seperti android, symbian, windows phone, dll. Kelebihan dari media sosial Instagram adalah bisa mengedit foto agar terlihat lebih bagus dan profesional. Fitur yang tersedia di media sosial ini hampir sama dengan media sosial yang lain yaitu ada hashtag, ada comment, ada mention, ada like, ada follow, dan lain-lain.

Pinterest

[caption caption="Sumber: Google Play"]

[/caption]
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline