Lihat ke Halaman Asli

Mind Map Cinta Kasih dalam Kebenaran

Diperbarui: 8 September 2022   15:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mind Map Cinta Kasih dalam Kebenaran (sumber: dok. pribadi)

Kebenaran dan Cinta Kasih adalah dua hal yang cukup berkaitan. Namun perwujudan akan masing-masingnya memiliki sedikit perbedaan. 

Cinta Kasih adalah bagaimana kita menyayangi sesama. Kita jadi ingin berbuat baik kepada mereka dan menolak ketidakdamaian. Hal itu tentunya membawa kesejahteraan dalam hidup. 

Sementara Kebenaran adalah sesuatu yang sebaiknya kita pegang teguh dalam kehidupan sehari-hari. Perwujudan paling mudahnya adalah bagaimana kita seharusnya berbuat jujur dan berani untuk melawan apa yang bertentangan dengan kebenaran demi kebaikan kita maupun sesama.

Namun sangat berbahaya jika Cinta Kasih tidak diselimuti oleh Kebenaran maupun sebaliknya. Bayangkan jika kita mengasihi teman kita tapi saat itu teman kita tidak berbuat kebenaran, memang mau dibela begitu saja? Atau jika kita menegaskan suatu kebenaran tapi tanpa kasih, bisa jadi apa yang menurut kita benar belum tentu ternyata win-win solution untuk yang lainnya. 

Sehingga cukup patut agar keduanya diterapkan secara praktis dalam kehidupan sehari-hari agar kita dan sesama kita juga bisa sama-sama bertumbuh dengan lebih baik untuk ke depannya dan membawa kedamaian bagi masyarakat. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline