Lihat ke Halaman Asli

Josua Gesima

Mahasiswa S2

Tiktok Affliator Tahun Post-Millenial 2022-2024

Diperbarui: 11 November 2022   10:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Tiktok Affliator saat ini banyak sekali digandrungi oleh kaum muda-mudi di era 2022 yang perkembangannya sangat cepat sekali. Karena Tiktok Affliator merupakan salah satu yang dapat menghasilkan uang dari media sosial, tiktok affliator bisa menjadi sumber pencarian uang tambahan (uang sampingan) bagi penggunanya, sehingga hal itu lah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi yang sudah mulai dan ingin memulai menggandrungi tiktok affliator. 

Cara kerja Affliator marketing pada dasarnya adalah strategi pemasaran yang di mana brand akan memberikan komisi tertentu (tidak sedikit) kepada yang mempromosikannya dan berhasil menjual produknya kepada konsumen yang tertarik. Cara kerja tiktok Affliator adalah dengan mempromosikan brand atau produk untuk menerima komisi dari hasil yang telah dipromosikan. Sebagai Kreator tentu dapat mempromosikan produk yang relevan dengan yang melihat (audiens), dengan ide konten yang selalu kreatif. 

Lalu kenapa Tiktok Affliate bisa menjadi sumber penghasilan yang menghasilkan dan menjanjikan? Seperti yang dilansir dari berbagai media, Tiktok telah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif setiap minggunya. Tak sedikit dari pengguna Tiktok yang membelanjakan uang mereka di Tiktok Shop.

Pada Februari 2021, Tiktok tercatat sebagai salah satu aplikasi dengan user spending (uang yang bisa dihabiskan oleh pengguna) terbanyak, yaitu senilai 220 juta dolar AS atau setara 3,2 triliun rupiah.

Jadi, Tiktok selain sebagai platform media sosial, kini Tiktok telah melebarkan fungsinya menjadi marketplace, di mana banyak penggunanya melakukan transaksi jual beli berbagai macam produk penjualan. 

Cara kerja Tiktok Affiliate sangat mirip dengan platform Affiliate marketing lainnya.

Tetapi, terdapat 4 pihak yang terlibat dalam Tiktok Affiliate, yaitu:

  • Merchant, yaitu pihak yang menyediakan produk untuk dijual.
  • Affiliate network, pihak yang menjembatani antara merchant dan affiliate marketer. Biasanya, beberapa merchant bekerja sama dengan pihak yang mau mengumpulkan katalog produk mereka untuk selanjutnya diberikan kepada kreator.
  • Affiliate marketer atau kreator, seseorang yang mempromosikan produk merchant melalui video Tiktoknya.
  • Consumer, pengguna yang membeli produk merchant dari kode atau link yang disediakan oleh affiliate marketer.

Merchant atau Affiliate network akan memberikan kode unik kepada setiap affiliate marketer yang mengunjungi. Setelah itu, mereka dapat mempromosikan kode tersebut melalui video TikTok-nya.

Umumnya, mereka langsung mencantumkan link produk terkait ke dalam video atau bio profil mereka. Setelah itu, merchant dapat melacak transaksi masing-masing affiliate marketer lalu memberikan komisi yang sesuai.

Untuk bisa memulai perjalananmu di TikTok Affiliate, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan dan perhatikan. Berikut penjelasan lengkapnya tentang cara daftar TikTok Affiliate.

Persyaratan yang perlu kamu siapkan di antaranya adalah:

  • KTP atau Paspor (bila ada/bagi warga negara asing)
  • Rekening bank sendiri
  • Alamat pengiriman
  • Akun Tiktok Shop yang aktif
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline