Lihat ke Halaman Asli

Jo

ppppp

Pengaruh dan Perkembangan Demokrasi di Indonesia dalam Bidang Ekonomi pada Masa Sekarang

Diperbarui: 12 Oktober 2022   07:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Demokrasi adalah bahasa Yunani yaitu "Demos" dan "Kratos". 'Demos' bermakna rakyat, sedangkan 'Kratos' bermakna pemerintahaan. Demokrasi sebagai sistem pemerintahan yang memberikan hak, kebebasan kepada warga negaranya untuk berpendapat serta turut serta dalam pengambilan keputusan di pemerintahan. 

pengertian sistem demokrasi ekonomi menurut UUD 1945 adalah suatu sistem perekonomian nasional yang merupakan perwujudan dari filsafat pancasila dan UUD 1945 yang berdasarkan kekeluargaan dan kegotongroyongan dari, oleh, dan untuk, rakyat dibawah pimpinan dan pengawasan pemerintah 

Tujuan demokrasi dalam ekonomi  adalah rakyat mendapat kebebasan untuk memanfaatkan, mengelola sumber daya negara menguasai bumi air dan kekayaan alam terkandung didalamnya dan digunakan sebesar besarnya untuk kemakmuran rakyat. Masyarakat memegang peran aktif dalam kegiatan ekonomi dan pemerintah berusaha menciptakan iklim yang sehat bagi pertumbuhan dan perkembangan usia usaha.

ciri ciri dari demokrasi ekonomi itu

  • usaha ekonomi yang mem

  • semua  produksi yang menguasai hajat hidup orang banyak harus dikuasai oleh negara.

  • SDA yang dikuasai oleh negara dimanfaatkan untuk sebaik mungkin demi kemakmuran rakyat.

  • Sumber-sumber keuangan dan kekayaan negara digunakan untuk permufakatan lembaga-lembaga perwakilan rakyat, dan pengawasan terhadap kebijakan pada lembaga-lembaga perwakilan rakyat pula.

  • Warga negara mempunyai kebebasan dalam menentukan pekerjaan yang diinginkan dan mempunyai hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.

  • Hak milik perorangan diakui dan pemanfaatannya tidak dapat bertentangan dengan kepentingan masyarakat.

  • Potensi, inisiatif, dan daya kreasi setiap masyarakat dikembangkan sepenuhnya dalam suatu batas-batas yang tidak merugikan kepentingan umum.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline