Lihat ke Halaman Asli

Ospina Gemilang, Colombia Melenggang Menuju Semifinal

Diperbarui: 18 Juni 2016   13:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar diambil dari www.totalsportek.com

Pertarungan sengit mewarnai jalannya pertandingan perempatfinal antara Colombia versus Peru (18/6) di lanjutan Copa America Centenario 2016. Bermain di MetLife Stadium, East Rutherford, New Jersey, kedua team sama-sama menunjukan ambisi luar biasa untuk lolos menuju ke semifinal. Colombia kembali mempercayakan James Rodriguez, Carlos Bacca, dan Cuadrado untuk membongkar pertahanan lawan, sementara David Ospina berada di bawah mistar gawang. Peru menurunkan Guerrero dan Polo untuk menekan para defender Colombia. Babak pertama didominasi oleh serangan berbahaya dari Colombia, Carlos Bacca hampir saja membuat Colombia unggul jika saja tendangan yang dilesakkannya tidak melenceng usai menerima umpan J.Cuadrado. Peru bukannya tanpa peluang, Edison Flores sempat memberi ancaman melalui tandukkannya dari dalam kotak penalti yang sayang masih terlampau tinggi. James Rodriguez sempat membuat jantung para supporter Peru berhenti sejenak tendangan dari luar kotak penalti yang dilesakkannya membentur mistar gawang Peru yang dijaga P.Galesse. Skor kacamata bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Di babak kedua, Colombia tampil kian ngotot. Namun, berkali-kali peluang melalui tandukkan Carlos Bacca maupun penetrasi James Rodriguez masih dapat diantisipasi oleh baris pertahanan Peru. Kuatnya ambisi kedua team berujung pada permainan keras di laga ini, wasit tak jarang meniup peluit karena banyaknya terjadi pelanggaran dan pemain yang cedera. Tercatat terdapat total 30 pelanggaran dari kedua kesebelasan. Peru yang hampir terus tertekan oleh barisan penyerang Colombia, tak jarang berbalik menekan mengandalkan serangan balik dari Edison Flores dan Christian Cueva. Tetapi skor tetap tidak berubah sampai Wasit P.Loustau meniup peluit panjangnya. 

David Ospina becomes Colombia'sHero

Pertandingan dilanjutkan dengan babak Penalty. James Rodriguez yang menjadi penendang pertama dari Colombia berhasil melakukan tugasnya dengan baik diikuti dengan 3 algojo lainnya yang berhasil yaitu Cuadrado, Moreno, dan Sebastian Perez. Sementara itu Peru harus mengalami kegagalan pada Penalty ketiga dan keempat setelah eksekusi Miguel Trauco dan Christian Cueva berhasil dihalau dengan luar biasa oleh David Ospina. Los Cafeteros berhasil memenangi pertandingan dengan skor akhir 4-2 melalui penaltyshootout dan berhak melenggang ke babak semifinal. Peru gagal mengulang prestasi Copa America 2015 ketika mereka dapat melaju ke semifinal dan di akhir turnamen menjadi juara ke-3. Sedangkan bagi Colombia, ini adalah keberhasilan luar biasa dapat melaju ke semifinal setelah terakhir kali berhasil dilakukan pada tahun 2004. David Ospina terpilih menjadi Man of The Match kali ini menyusul penyelamatan luar biasanya sepanjang pertandingan terkhusus saat adu penalty. 

Gambar diambil dari Twitter resmi Copa America @CA2016




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline