Lihat ke Halaman Asli

COVID-19 di Mata Masyarakat

Diperbarui: 17 Maret 2020   21:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Akhir-akhir ini, dunia tengah digemparkan dengan COVID-19 atau lebih familiar disebut dengan virus corona. Virus yang menyerang pernafasan ini diketahui telah memakan ribuan korban dari berbagai negara. Salah satunya adalah Indonesia. Dikabarkan bahwa sudah puluhan orang yang dinyatakan positif corona. Beberapa diantara pasien yang positif corona berhasil sembuh. Sayangnya, juga terdapat pasien yang meninggal dunia.

Mengetahui tentang keberadaan virus corona, reaksi masyarakat di Indonesia tentunya bermacam-macam. Seperti yang diketahui bahwa, banyak masyarakat yang berbondong-bondong membeli keperluan rumah dengan jumlah yang tidak wajar. Kemudian juga terdapat oknum yang mengambil kesempatan untuk menimbun masker dan hand sanitizer yang di kemudian hari akan dijual dengan harga selangit. 

Sebuah observasi dilakukan di berbagai lingkungan masyarakat di Kota Batam. Mulai dari universitas, perumahan, dan perkantoran. Observasi tersebut dilakukan guna mengetahui sampai dimanakah  pengetahuan masyarakat tentang virus tersebut. Setelah dilakukan observasi, diketahui bahwa berkisar 80% warga mengerti tentang bahaya virus tersebut dan melakukan pencegahan yang benar. Walaupun demikian, masih banyak masyarakat yang salah paham tentang virus ini.

Selain itu, penyuluhan akan virus tersebut juga tengah dilakukan kepada warga agar untuk tidak disepelekan dan tidak panik karena virus ini menyerang imunitas tubuh yang dimana jika imunitas tubuh dalam kondisi lemah, maka kemungkinan terserang akan lebih besar begitupun sebaliknya. Berdasarkan observasi yang dilakukan, beberapa pencegahan yang benar adalah:

1. Menjaga kebersihan lingkungan 

2. Rajin mencuci tangan

3. Menggunakan masker ketika sakit bukan setiap saat.

4. Makan makanan bergizi

5. Perbanyak minum air putih

6. Kurangi kontak fisik

7. Berpergian jika perlu

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline