Lihat ke Halaman Asli

Jose

Saya Hose merupakan seorang guru. Saya memiliki pengalaman mengajar masih sangat mudah, kurang lebih empat tahun. Dan saya memiliki kesempatan menulis kolaborasi serta memiliki karya pribadi.

Bersikap Terbuka, Butuh Selektif

Diperbarui: 1 Mei 2024   20:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Senin, 29 April 2024 saya memberikan assesmen formatif III, kepada siswa kelas 11 SMA PJ 2. Assesment tersebut, saya sajikan dalam bentuk ujian tulis.

Penyajian soal assesment, saya berikan dalam bentuk uraian masalah. Ketika saya membagikan kertas soal, siswa saya terkejut : "Pak Hose, soalnya banyak banget? "

Saya mencoba tersenyum, sambil memandang wajah Gab, yang sedang menyerukan pertanyaan saat itu.

Saya terus membagi kertas soal ke setiap siswa. Rupanya, hampir sebagian menyerukan hal yang sama.

Baik, Anak-anak, silahkan perhatikan soal masing-masing. Nah, silahkan dibaca soal nomor satu. Pada soal tersebut pak Hose memberikan ulasan bacaan. Tujuan dari ulasan tersebut adalah membantu kalian untuk reminder materi yang telah dipelajari sebelumnya.

saya memberikan assesmen formatif III, kepada siswa kelas 11 SMA PJ 2. Assesment tersebut, saya sajikan dalam bentuk ujian tulis.

Penyajian soal assesment, saya berikan dalam bentuk uraian masalah. Ketika saya membagikan kertas soal, siswa saya terkejut : "Pak Hose, soalnya banyak banget? "

Saya mencoba tersenyum, sambil memandang wajah Gab, yang sedang menyerukan pertanyaan saat itu.

Saya terus membagi kertas soal ke setiap siswa. Rupanya, hampir sebagian menyerukan hal yang sama.

Baik, Anak-anak, silahkan perhatikan soal masing-masing. Nah, silahkan dibaca soal nomor satu. Pada soal tersebut pak Hose memberikan ulasan bacaan. Tujuan dari ulasan tersebut adalah membantu kalian untuk reminder materi yang telah dipelajari sebelumnya. Dan, itu bukan merupakan soal. Dari hal ini saya belajar beberapa hal yang dilakukan saat itu, yaitu  
1. Saya sebagai guru harus proaktif terhadap keluh kesah siswa.
2. Saya memberikan pemahaman tentang soal yang saya berikan  
    secara kredible oleh siswa
3. Soal yang saya berikan dalam bentuk ulasan masalah merupakan  
    sebuah cara saya untuk reminder konsep dari materi yang  
    dipelajari sebelumnya.
3. Ketika siswa memahami konsep materi, maka dari masalah yang  
    disajikan membantu mereka untuk mengolah proses berpikir  
    untuk menemukan gagasan yang tepat untuk menjawab  
    pertanyaa  tersebut.
4. Soal yang saya sajikan dalam bentuk masalah, selain    
   mengembangkan konsep berpikir, tetapi melatih siswa untuk
   membuat decision making, menentukan gagasan yang tepat.
   Artinya, siswa menjawab pertanyaan "tidak bersumber dari
   hafalan materi" tetapi mengukur pemahaman mereka. Dan
   tentunya, saya selalu bersikap terbuka untuk tidak mematok  
   jawaban dikte seperti didalam buku. Akan tetapi, yang saya
   lakukan adalah saya memberikan kesempatan untuk menuangkan
   gagasan dengan bahasa yang mereka pahami, namun memiliki    
   integrasi dengan kontem materi yang dipelajari.

Dari semua hal yang saya ulas di atas, ada suatu peristiwa yang menurut saya menarik untuk dipelajari.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline