Lihat ke Halaman Asli

Joseline

joseline

Mas Koki Oranda

Diperbarui: 19 Agustus 2020   08:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

    Ikan hias adalah hewan populer yang biasanya dijadikan hewan peliharaan maupun untuk memperindah ruangan atau rumah. Salah satu ikan hias yang biasanya dijadikan hewan peliharaan adalah ikan mas koki oranda. Saya sendiri memiliki 5 ekor ikan mas koki oranda yang sedang saya pelihara di rumah. Ikan mas koki oranda yang saya miliki ini sangatlah lucu, warna tubuh ikan saya berwarna oren dengan campuran sedikit warna hitam dan putih. 

     Mereka memiliki kepala yang besar dan juga perut yang menonjol di bawah, bibir yang kecil dan juga ekor mereka yang berlapis lapis. Mata mereka sangatlah bulat namun tidak begitu besar, punggung mereka cenderung kurus dan hanya berat diperut. Walaupun proporsi wajah mereka tidak seimbang, kepala mereka yang besar dengan mata dan bibir yang cenderung kecil membuat mereka tampak lebih lucu.

    Ikan mas koki oranda adalah jenis ikan hias yang habitatnya di air tawar. Bentuk ikan mas koki oranda saya sekarang sudah sangat beda dibandingkan pada saat mereka pertama kali dibawa pulang kerumah. Terlihat jelas mereka bertumbuh dengan cepat, dan sekarang sudah menjadi lumayan besar, mungkin karena makanan mereka yang diberikan secara rutin dan lumayan banyak. 

    Ikan mas koki oranda ini sangatlah lucu dan indah untuk dijadikan sebagai hiasan ruangan, jadi tidak jarang orang memilih ikan mas koki oranda ini ketika ingin memelihara ikan hias, harga ikan mas koki oranda ini menurut saya lumayan mahal, harga paling murah biasanya mulai dari Rp.50.000,00. Ikan mas koki oranda biasanya dapat dibeli atau ditemukan di pasar atau tempat biasa jual ikan.

    Ikan mas koki oranda ini juga biasanya orang beli sebagai pembawa keberuntungan, ada sebagian orang yang percaya bahwa ikan ini dapat dijadikan sebagai jimat pembawa keberuntungan, maka ikan tersebut juga biasanya diletak sebagai pajangan restoran atau bisnis. Tidak hanya itu, ikan tersebut juga dapat dijadikan sebagai terapi anak autis, ikan ini dipercayai dapat menenangkan saraf motorik dan sensorik anak-anak. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline