Lihat ke Halaman Asli

Jose Hasibuan

TERVERIFIKASI

Seorang abdi bangsa

Dear Teachers, Berikut Panduan Membuat Test Online dengan Google Form

Diperbarui: 19 September 2020   15:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kompas.com

Setelah melakukan proses belajar mengajar secara daring, hal yang selanjutnya harus dilakukan oleh guru adalah melakukan penilaian hasil pembelajaran atau biasa dikenal dengan sebutan test, kuis atau ujian.

Penilaian hasil belajar merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dalam ranah pengetahuan dan atau ranah keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis, setelah proses pembelajaran suatu kompetensi muatan pembelajaran untuk kurun waktu tertentu.

Penilaian hasil belajar berperan membantu peserta didik mengetahui capaian pembelajaran (learning outcomes), memperoleh informasi tentang kelemahan dan kekuatan proses pembelajaran dan hasil belajar.

Dalam pendidikan berbasis standar penilaian hasil belajar merupakan parameter tingkat pencapaian kompetensi minimal yang menjadi batas ketuntasan belajar.

Penilaian hasil belajar dilakukan oleh pendidik, satuan pendidikan, dan pemerintah. Penilaian hasil belajar oleh pendidik adalah proses pengumpulan informasi atau bukti tentang capaian pembelajaran peserta didik setelah proses pembelajaran selesai dilakukan.

Dalam pembelajaran daring saat ini, kita tentu perlu memilih aplikasi digital yang memudahkan dalam pelaksanaan test termasuk dalam menentukan hasil yang dicapai oleh siswa.

Jika bisa menggunakan aplikasi digital yang dapat dengan mudah diakses siswa sekaligus mempermudah dalam guru dalam memeriksa hasil test maka akan menjadi pilihan yang efektif dan efisien.

Salah satu aplikasi digital yang dapat digunakan adalah GF atau "Google Form". Aplikasi ini bisa dibilang paling mudah dan murah untuk dilakukan.

Cukup dengan punya akun gmail, maka kita bisa membuat test online yang dapat dimanfaatkan sebagai alat evaluasi pembelajaran.

Bagaimana membuat test dengan menggunakan "Google Form"? Berikut step by step yang dapat dilakukan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline