Lihat ke Halaman Asli

Jordan Jehezkiel

Saya Seorang mahasiswa Teknik Informatika

Kemacetan di Jakarta

Diperbarui: 25 Juni 2021   21:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kemacetan di Jakarta sudah bukan lah hal yang asing lagi. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya jumlah kendaraan yang melebihi kapasitas jalan, terutama daerah yang belum memliki transportasi umum.

Kemacetan sehari -- hari biasa ditemui di pasar, Sekolah, Terminal, lampu merah, dan Persimpangan jalan yang disebabkan oleh beberapa faktor.

Faktor kemacetan yang biasa ditemukan adalah ngetemnya transportasi umum dan  pelanggaran peraturan lalu lintas contohnya seperti : pengendara kendaraan melawan arah,  pengendara kendaraan mengambil ruas jalan sehingga menyebabkan kemacetan yang cukup parah.

Faktor lainnya disebabkan meningkatnya volume kendaraan yang berlebih sehingga melebihi kapasitas jalan yang dapat menimbulkan kemacetan.

Parkir liar pengendara motor dan mobil juga dapat menimbulkan kemacetan, seperti yang kita ketahui di sebagian ruas jalanan di Jakarta masih banyak yang melakukan parkir liar dan angkot dalam kota menunggu penumpang di ruas jalan.

Dalam rangka mengurangi kemacetan di Jakarta, pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menciptakan transportasi umum baru yang lebih nyaman seperti MRT yang relativ murah dan cepat, sehingga masyarakat mau beralih ke transportasi umum.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline