Lihat ke Halaman Asli

Zahrotul Mujahidah

TERVERIFIKASI

Jika ada orang yang merasa baik, biarlah aku merasa menjadi manusia yang sebaliknya, agar aku tak terlena dan bisa mawas diri atas keburukanku

Persahabatan di Dunia Rusa (30)

Diperbarui: 12 Desember 2020   21:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: alibaba.com

Bersyukur

Setelah mengikuti ulangan teka-teki dari Reindeer, kawanan rusa menunggu hasil ulangannya. Dada rusa-rusa itu berdebar. Mereka khawatir kalau hasilnya kurang memuaskan. Meski Reindeer sendiri sering mengingatkan kalau tak perlu terlalu dipikirkan bagaimana hasilnya.

Hal terpenting adalah bagaimana para rusa mau belajar. Semangat belajar bersama itu paling utama. 

Jika ternyata hasil belajar para rusa masih kurang maka Reindeer berjanji akan menjelaskan lagi materi yang sudah diberikan sebelumnya.

Sungguh Reindeer baik hati. Tak ada kekesalan pada rusa lain yang belajar padanya. Reindeer menganggap semua sama, tak membedakan satu sama lain.

Selama para rusa bersemangat belajar, Reindeer sangat menghargainya. Dia selalu mendorong teman-temannya agar bisa lebih baik daripada dirinya.

"Nggak mungkin kalau kami melebihi kecerdasanmu, Rein!" Ucap Tutul.

"Iya. Kami masih jauh dari kamu!" Tambah Pudu.

"Begini, teman-teman. Kita kan belajar bersama. Karenanya kita saling melengkapi. Ya seperti yang selama ini kita lakukan!" Jelas Reindeer.

Kawanan rusa bingung dengan maksud Reindeer. Selama ini mereka tak merasa melengkapi kemampuan Reindeer. Justru kemampuan kawanan rusa semakin bertambah karena diajari Reindeer.

"Hahaha... kamu ingat nggak? Pas kita belajar bersama, aku belajar banyak dari kalian. Bagaimana cara saling menghormati. Aku belajar itu dari kalian." Terang Reindeer.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline