Lihat ke Halaman Asli

Zahrotul Mujahidah

TERVERIFIKASI

Jika ada orang yang merasa baik, biarlah aku merasa menjadi manusia yang sebaliknya, agar aku tak terlena dan bisa mawas diri atas keburukanku

Antara Merdeka dan Terbelenggunya Guru dalam Pembelajaran

Diperbarui: 26 November 2019   13:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi: eramuslim.com

Guru diberikan kemerdekaan dalam mengajar oleh Mendikbud, seolah menjadi angin segar para guru. Harapan akan pengertian dari sesepuh ---yang dituakan---di dunia pendidikan itu sangat dinantikan. Banyak kalangan yang mengapresiasi isi pidato pak Mendikbud dalam rangka Hari Guru itu.

Apakah selama ini guru tak merdeka dalam pembelajaran?

Saya yakin selama ini guru melaksanakan pembelajaran di kelas secara merdeka. Guru bebas menentukan model pembelajaran. Bahkan dia bebas ketika ternyata pembelajaran tak sesuai dengan RPP yang telah disusun sedetail mungkin.

Para siswa diajak belajar secara manusiawi. Ada program asesmen. Meski tak melibatkan guru dari SLB. Dengan segala keterbatasan, guru melayani karakter dan pembelajaran sesuai kemampuan siswa. Tak ada pemaksaan bagi Anak Berkebutuhan Khusus untuk sama dengan temannya yang lain. Bukankah itu bentuk merdeka dalam pembelajaran?

Guru pun sadar bahwa pendidikan tak serta merta bisa berubah secara revolusioner. Ilmu yang diserap siswa tak bisa langsung diterima saat itu juga. Butuh proses yang berbeda antara satu siswa dengan siswa lainnya.

Begitu juga dalam hal membenahi karakter negatif siswa. Tak serta merta bisa berhasil dalam waktu singkat. Cara membenahi pun ada tahapan, mulai dari cara halus ---berupa nasehat dari hati ke hati---hingga cara tegas---terkadang disertai nada marah. Jika menghadapi siswa istimewa memang harus sabar, namun guru juga manusia, bisa marah juga.

Dalam bersosial, siswa juga telah dididik, meski bukan bakti sosial ke panti asuhan. Jiwa sosial dilatihkan ketika ada teman yang jatuh maka harus ditolong, teman yang sakit maka dibezuk dan didoakan. Itu sudah melatih kepekaan sosial mereka. 

Dari pengalaman, para siswa sangat antusias membezuk temannya yang sakit. Malah mereka yang mengingatkan terlebih dahulu, ketika saya baru masuk kelas dan belum membuka pelajaran. 

Memang perubahan dalam dunia pendidikan bukan langsung dalam skala besar. Hal kecil yang terlihat selama proses pembelajaran, itu merupakan sebuah kemajuan. Apalagi dalam Kurikulum 2013, selama siswa bisa menunjukkan peribahan ke arah yang lebih baik, maka sudah berhasil pembelajarannya meski nilainya mungkin pas pada KKM.

Kemerdekaan Mengajar dan Visitasi Akreditasi Sekolah

Guru menyambut baik niat Mendikbud dengan hal yang tertera dalam pidato Hari Guru Nasional. Namun tak sedikit guru yang masih menilai bahwa niatan itu belum tentu terealisasi, atau minimal tetap akan seperti pada proses pembelajaran ketika kemendikbud di bawah Muhadjir Efendi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline