Lihat ke Halaman Asli

Pelajaran dari Kata Benda

Diperbarui: 24 Juni 2015   04:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Pelajaran dari “Kata Benda”

Kata benda atau noun dalam bahasa Inggris menurut Rudi Hariyono (2002:13) mempunyai arti kata yang menunjukkan nama tempat, hewan ata nama suatu benda atau hal-hal yang dibendakan. Kata benda adalah kata yang paling mudah dipelajari. Karena konsep daripada kata benda ini adalah recall (menghafal atau mengingat). Kita akan sangat mudah untuk mengingat kata benda daripada kata-kata yang lain. Karena kata benda kebanyakan bersifat konkrit yang bisa kita lihat dan rasakan dengan mata dan kepala sendiri.Maka part of speech yang paling mudah dan cepat dipelajari adalah kata benda. Untuk mengajari anak kecil yang belum mengerti apa-apa konsep kata benda mesti ditanamkan dahulu daripada yang lain.

Coba kita perhatikan bayi yang baru mulai belajar bicara, maka kata yang sering diucapkan adalah kata “mama, papa, bebek, kucing, ayam” dll. Semua kata tersebut tergolong kata benda. Sangat sulit bagi mereka untuk menangkap konsep kata sifat atau pun kata keterangan dan kata kerja kepada bayi. Karena hal itu telah menjadi kodrat manusia mengenali sesuatu yang paling dekat dengan lingkungan mereka dan konkret, yang bisa dipegang, dilihat ataupun dirasa.

Kalau kita runut kembali ke belakang, Allah telah mengajarkan kepada kita tentang konsep kata benda ini kepada nabi Adam. Ketika Allah memerintahkan menyebut benda-benda yang ada disekitarnya maka adam pun menyebut nama masing-masing benda dengan tepat. Maka dapat kita ambil pelajaran bahwa Allah telah mengisyaratkan kepada kita memulai untuk belajar bicara dengan menyebut kata benda dahulu baru diiringi dengan yang lain. Kata benda untuk tahap pemula mudah untuk divisualisasikan dan dicerna oleh memori karena bisa dilihat dan konkret.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline