Lihat ke Halaman Asli

Jonny Hutahaean

tinggi badan 178 cm, berat badan 80 kg

Saracen dan Sejarah

Diperbarui: 5 September 2017   19:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Seperti yang sudah sering terjadi, heboh SARACEN kemungkinan hanya temporer, lalu apa? Toh ingatan kolektif masyarakat tidaklah begitu panjang dan lama. Meski demikian, ya tetap saya urun atau berbagi pendapat.

'1. Psikologi Sejarah

Terbongkarnya Saracen sesungguhnya hanya sebuah kerlip kecil dalam sejarah perjalanan bangsa ini. Situasi dan kondisi psikologis atau kebatinan yang tepat yang menyebabkan Saracen menuai badai kritik, dan memanen respon beragam dengan kuantitas bejibun, meski kualitas respon itu banyak yang perlu dipertanyakan. Kehebohan massal.

Pada masa itu di Eropa, VOC hanyalah sebuah organisasi dagang kecil menurut ukuran Eropa. Pantas menjadi pertanyaan bagaimana VOC yang kecil itu mampu mengangkangi atau memonopoli perdagangan rempah-rempah di Nusantara dalam selang waktu yang begitu lama?. Kita semua tahu jawabannya, sesuai sejarah yang diajarkan ke kita sejak TK sampai menjadi mahasiswa, de vide et impera, politik pecah-belah.

Sejarah mengajarkan ke kita seolah-olah de vide et impera itu sebuah konsep atau strategi yang unggul, jitu, superior dan mumpuni. Sebenarnya tidak, itu hanya sebuah strategi yang sangat umum. Hanya saja, suka atau tidak suka, dan karena pengakuan baik bagi jiwa, harus diakui bahwa politik de vide et impera bisa sukses mengangkangi Nusantara karena sesuatu yang sangat krusial dan mendasar, Nusantara terdiri dari masyarakat yang mudah dipecah dan gampang dibelah. Raja-raja Nusantara selalu bertengkar berebut kekuasaan, dan itulah pintu masuk VOC menancapkan kuku dan cakar. Bukan VOC yang hebat, tetapi .......

Itulah alasan saya untuk memberi salut dan hormat setinggi-tingginya, kepada semua person yang terlibat mempersiapkan dan memproklamasikan kemerdekaan RI. Mereka mampu mempersatukan semua eksponen yang sesungguhnya mudah dipecah dan gampang dibelah. Salut.

Saracen dapat menjadi bukti bahwa karakter itu belum berubah banyak. Kita masih harus bekerja sangat keras untuk memperkuat perekat kebangsaan, agar di masa depan tidak ada satupun yang dapat menguraikan dan memberaikannya.

'2. Bukti Valid Sumber Radikalisme

Orang yang bertahan pada adagium bahwa sumber radikalisme adalah kemiskinan dan rendahnya pendidikan, kini perlu berpikir ulang, dan Saracen dapat menjadi salah satu entry point yang bagus.

Struktur organisasi yang menggerakkan Saracen pasti diisi oleh orang-orang intelektual berpendidikan tinggi, paling tidak berpendidikan baik menurut ukuran umum, dan pasti mereka bukan orang-orang miskin yang kurang gizi apalagi sampai menderita busung lapar. Mereka makmur dan sentosa, pasti.

Mengelola ratusan ribu akun butuh keterampilan tinggi, mencari dan menggalang dana segar butuh relasi tingkat tinggi, menyusun dan mengajukan proposal butuh pengetahuan tingkat dewa, menghubungi konsumen butuh keberanian tinggi. Menetapkan topik dan menyusun kalimat hoaks, merekayasa foto dan menyebarkan, semua itu membutuhkan pengetahuan yang luas dan dalam. Dan semua itu untuk satu tujuan, menyebarkan bibit radikalisme, memicu konflik horizontal maupun vertical, dan menteror jiwa massa masyarakat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline