Lihat ke Halaman Asli

Jonny Hutahaean

tinggi badan 178 cm, berat badan 80 kg

Teror di Gereja Mesir, Ini Tanggapan Saya

Diperbarui: 11 April 2017   01:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Dua serangan bom terpisah di Mesir, pertama di gereja Mar Girgis di Kota Tanta, dan kedua di Gereja Katedral Santo Markus di Alexandria. Sedikitnya 43 orang umat yang sedang khidmat merayakan Minggu Palma tewas seketika dan lebih dari 100 orang luka-luka. NIIS mengklaim bertanggung jawab atas kedua serangan itu.

Serangan yang menghancurkan tubuh, memisahkan tangan dari badan, menghancurkan kepala hingga berkeping-keping, cipratan darah ke segala penjuru, menakutkan dan mengkerutkan nyali. Tetapi saya bersimpuh di dalam doa, semoga bom itu tidak melukai iman dan keyakinan. Keteraniayaan bisa menjadi jalan untuk memperkokoh, memperkuat dan lebih mempersatukan, mempertebal kepercayaan.

‘1. Sumber Ide dan Gagasan

Meski terjadi di Mesir, ribuan kilometer dari NKRI, tetapi bom itu dapat menjadi pil perangsang di sini, trigger pemicu ide untuk tindakan yang sama. Seluruh detil peristiwa, bagaimana pelaku menjalankan terror dan seperti apa derita dari korban, efek kekalutan dan kecemasan massal, hanya dalam selang beberapa menit sudah tiba di sini, di negeri yang berpancasila ini, sudah bisa ditonton umat di seluruh dunia.

Kabar buruk bagi orang lain dapat menjadi berita gembira bagi yang lain, terutama bagi mass media, bad news is a good news, sumber uang. Tidak mungkin berharap seluruh umat manusia berduka cita atas korban, tidak mungkin. Lebih tidak mungkin berharap seluruh umat manusia mengutuk terror itu, tidak akan. Selalu ada, bahkan sangat banyak, yang bersyukur dan bergembira-ria terhadap terror tersebut. Media sosial menunjukkan dengan sangat baik, bahwa banyak yang sangat gembira terhadap terror tersebut.

Tetapi yang mencemaskan bukanlah kegembiraan sekelompok manusia atas terror tersebut, bukan itu. Tetapi yang mencemaskan adalah terror itu menjadi pemicu ide dan gagasan, memantik hasrat dan nafsu, utnuk melakukan tindakan yang sama di sini, di negeri yang berpancasila ini.

Dan, yang saya cemaskan itu terutama adalah negara ini, keselamatan dan keberlanjutan NKRI ini (yang kita cintai ini ????). Mesir mempunyai mekanisme yang baik dan aparat yang memiliki keberanian yang cukup untuk mengelola konflik seperti ini, sementara di sini di NKRI ini, akan selalu lahir politikus yang memanfaatkan situasi seperti ini demi kepentingan hasrat memusatkan kekuasaan pada diri sendiri dan atau pada kelompok sendiri, atau menggulingkan kekuasaan yang sah pilihan rakyat.

‘2. Tidak Menyalahkan Agama

Meski NIIS mengklaim bertanggung-jawab, ayolah, kalian para umat yang seiman dengan korban bom itu, jangan serta-merta menyalahkan agama tertentu. Memaafkan, mengampuni, dan lalu mendoakan, begitulah inti sari ajaran Yesus Kristus yang kalian imani, dan inilah momentum terbaik untuk menunjukkan bahwa kalian betul-betul mengimani ajaran agung yang sangat mulia itu, ajaran agung yang tiada duanya, yang akan abadi sepanjang masa, sebab begitulah kebutuhan dasar setiap manusia, apapun agamanya, bahkan kebutuhan bagi yang tidak beragama sekalipun.

Barang siapa mengatakan kafir pada yang lainnya, dia layak dilemparkan ke api yang menyala-nyala. Barang siapa yang tidak memaafkan, maka Bapa di surga tidak akan memaafkannya. Barang siapa yang tidak mengampuni, Bapa di Surga tidak akan mengampuninya. Memaafkan dan mengampuni, adalah hal yang membedakan yang beriman dengan yang tidak beriman. Bukankah seperti itu yang diajarkan Yesus Kristus yang kalian imani itu?.... tunjukkan. Memaafkan, mengampuni, dan mendoakan, tampaknya menjadi satu-satunya jalan untuk mencapai perdamaian dunia yang abadi, perdamaian yang didasarkan pada kesetaraan.

‘3. Pengakuan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline