Lihat ke Halaman Asli

Joni RadaPraing

Manajemen di RSUD Waibakul

Bantuan Hidup Dasar Manusia

Diperbarui: 28 Februari 2023   08:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

YANG PERLU KITA KETAHUI TENTANG BANTUAN HIDUP DASAR

(BHD)

Oleh: Joni Rada Praing

Mahasiswa FKP Unair

 

Bantuan Hidup Dasar (BHD) atau Basic Life Support (BLS) merupakan serangkaian pertolongan pertama yang dilakukan untuk membantu siapa pun yang mengalami kondisi henti napas dan henti jantung. Bantuan ini tidak hanya dilakukan para petugas medis, namun setiap warga pada umumnya dapat melakukan BHD ini dengan mempelajari langkah-langkahnya.

Tujuan pemberian bantuan hidup dasar

Penyebab seseorang mengalami henti napas dan henti jantung beragam, bisa karena kecelakaan, tersedak, serangan jantung, stroke, sumbatan jalan napas, hingga tenggelam. Jika seseorang yang mengalami henti napas dan henti jantung tidak segera ditangani, otak dan jantung akan mengalami kerusakan serta kehilangan fungsinya dalam 6 menit. Secara garis besar, tindakan pertolongan pertama ini bermanfaat untuk:

  • Mencegah pernapasan dan sirkulasi darah berhenti

Memberikan bantuan dari luar terhadap sirkulasi darah dan pernapasan korban henti jantung atau henti napas melalui Resusitasi Jantung Paru (RJP).

Langkah-langkah melakukan Bantuan Hidup Dasar (BHD) 

  • Memastikan posisi yang aman

Saat hendak menolong korban menggunakan bantuan hidup dasar, pastikan terlebih dahulu anda maupun korban berada di posisi yang aman. Salah satunya dengan meletakkan tubuh korban di permukaan yang keras dan rata.Sementara itu, jika Anda menyelamatkan korban kecelakaan yang tak sadarkan diri, gotong korban terlebih dahulu ke pinggir jalan yang aman dari lalu-lalang kendaraan. Pada kasus korban yang tersengat aliran listrik, pastikan sumber arus listrik telah dimatikan terlebih dahulu.

  • Memeriksa respons korban
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline