Lihat ke Halaman Asli

Jonathan Sambuaga

saya membuat akun ini, untuk suatu keperluan dalam bidang study saya

Perkembangan IPTV di Indonesia

Diperbarui: 24 April 2021   15:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Pada era globalisasi saat ini teknologi bergerak sangat cepat. Masyarakat dihadapkan dengan banyak sekali cara agar dapat melakukan kegiatan sehari hari dengan mudah. Tidak hanya sebuah telepon pintar yang memiliki perkembangan ada pun alat utilitas lain yang berkembang dengan sangat luar biasa, salah satunya adalah televisi. Saat ini televisi konvensional telah berkembang menjadi televisi pintar. Televisi pintar atau dapat digolongkan sebagai IPTV merupakan televisi yang memiliki fitur yang unik dan canggih.

IPTV atau Internet Protocol Television merupakan penyiaran konten televisi melalui jaringan Protokol Internet. Definisi IPTV menurut ITU-T FG IPTV (International Telecommunication Union Focus Group on IPTV ) Recommendation Y.1910 (09/2008) adalah “ IPTV yaitu layanan multimedia seperti televisi / video / audio / text / grafis / data yang disampaikan melalui jaringan berbasis IP yang dikelola untuk memberikan jaminan tingkat kualitas dalam hal layanan, keamanan, interaktivitas dan kehandalan”(Permadi, Raharjo & Christyowidiasmoro, 2013)

Di indonesia IPTV merupakan salah satu teknologi  yang baru di gunakan. IPTV Pertama di indonesia adalah UseeTV. Merujuk pada website UseeTV, UseeTV merupakan layanan televisi interaktif dari IndiHome yang pertama di Indonesia. Layanan televisi berbayar yang memberikan pengalaman baru, pemirsa tidak hanya sekadar menonton televisi, tetapi juga dapat memegang kendali seakan jadi sutradaranya. Selain memberikan tayangan yang berkualitas, UseeTV juga memberikan berbagai macam fitur yang tidak ada di penyedia layanan kabel lainnya, seperti Pause & Rewind TV, Video on Demand, Video Recorder dan lainnya. UseeTV memiliki beragam saluran pilihan. Saat ini, saluran yang ada sebanyak 101 saluran pilihan, terdiri dari 19 televisi lokal dan 81 televisi internasional.

Menurut penelitian terdahulu dijelaskan bahwa UseeTV merupakan PT. Telekomunikasi Tbk yang mengembangkan sayap industrinya dari bisnis Infocom (Information and Telecommunications) menjadi TIME (Telecommunication, Information, Media and Edutainment). Hasil dari penelitin tersebut juga menjelaskan bahwa Internet Protocol Television (IPTV) merupakan teknologi terbaru dari TV berbayar di Indonesia. Teknologi ini menawarkan berbagai fitur unggulan, diantaranya adalah pause dan rewind TV, TV on Demand, Video on Demand, Video Recorder, YouTube ̧ dan lainnya. Layanan IPTV dikirim oleh provider melalui basis protokol internet. (Milyane & Pramesthi, 2018)

KPI atau Komisi Penyiaran Indonesia dalam websitenya yaitu kpi.go.id juga menjelaskan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat melahirkan konvergensi berbagai jenis media baru. Jenis media ini tidak sederhana untuk dikelompokkan ke dalam bagian dari broadcast, telekomunikasi ataupun internet. Hal ini dapat dimengerti karena sifatnya yang saling terhubung. Jika sebelumnya melalui teknologi televisi biasa, penonton hanya dapat bersikap pasif - pasrah pada sejumlah program yang disajikan, maka dengan kehadiran media baru ini, mereka dapat lebih aktif dan dapat berinteraksi untuk menikmati program-program sesuai pilihannya (relying on choice). Dalam sistem layanan IPTV ada 4 pihak yang berperan dalam menentukan keberhasilan pengoperasian layanan IPTV :

 1) content provider yaitu penyedia program-program tv dan konten multimedia. 

2) service provider yang befungsi untuk mengatur dan mengendalikan layanan IPTV.

3) network provider yaitu pihak yang menjalankan fungsi pengiriman dan distribusi. 

4) customer yaitu pelanggan yang menikmati layanan IPTV. (Uyun, 2009)

Saat ini perkembangan IPTV di banyak negara semakin meningkat seiring dengan bertambahnya pengguna internet. Mulai dari adanya UseeTV di indonesia, IPTV memiliki peminat yang cukup besar. IPTV mulai digunakan setelah adanya penurunan penggunaan tv parabola maupun TV satelit. Selain UseeTV yang merupakan indihome yang telah di branding oleh Telkom, terdapat banyak sekali IPTV yang saat ini telah beroprasi. Berikut ini merupakan IPTV yang saat ini diminati oleh masyarakat Indonesia :

  • Biznet Home
  • Dens.TV (CBN)
  • MNC Play (MNC)
  • Streamtainment (First Media)
  • Vision+ dan Vidio (Emtek)

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline