Lihat ke Halaman Asli

Rolls-Royce Phantom Metropolitan, Mobil yang Terinspirasi Kota Modern

Diperbarui: 17 Juni 2015   21:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Paris -Apa yang ada dibenak Anda jika mendengar kata Rolls-Royce? Pasti yang ada di pikiran Anda adalah suatu merek mobil yang selalu menawarkan kemewahan super kepada konsumennya.

Seperti di ajang Paris Motor Show 2014, produsen mobil ultra-mewah ini berhasil menampilkan karya terbarunya dari penawaran Bespoke mewah yang paling sukses.

Adalah Phantom Metropilitan Collection. Mobil ini menyajikan desain indah dan seni kerajinan tangan yang terinspirasi dari kota modern. Hanya 20 mobil dari koleksi yang diciptakan secara menyeluruh ini yang dapat dipesan oleh pelanggan.

Phantom Metropoliton Collection mengabadikan suasana kota-kota besar dunia melalui penerapan seni marquetry – kerajinan menata potongan-potongan kecil veneer kayu untuk membentuk motif-motif dekoratif, yang penuh dengan ketelitian tingkat tinggi.

Ketika dibuka, sebuah meja piknik yang menjadi ciri khas Phantom, akan menyajikan pemandangan atap gedung perkotaan yang seolah dilihat dari atas. Lukisan perspektif ini diciptakan melalui aplikasi 500 buah veneer kayu yang disusun satu per satu oleh ahlinya.

Tak dapat dipungkiri, proses pemotongan, pewarnaan, pembentukan, dan penerapan secara manual dari karya seni yang unik ini sangat kompleks sehingga dibutuhkan waktu satu hari penuh bagi seorang pengrajin kayu ahli untuk menyelesaikannya.

Jika meja ditutup, penumpang akan disajikan perspektif berbeda dari pemandangan kota – merefleksikan pemandangan yang dinikmati seseorang ketika bepergian dengan Phantom.

"Saya pikir tidak ada lokasi yang lebih cocok selain Paris untuk membuat debut mobil baru yang luar biasa ini. Inilah sebuah kota yang dapat menggemakan kemampuan istimewa Rolls-Royce dalam mengombinasikan nilai klasik dan modern secara sempurna dengan mengusung karya seni dari para pengrajin ahli," beber Direktur Utama Rolls-Royce Motor Cars Torsten Müller-Ötvös.

"Pelanggan kami di seluruh dunia senang menantang desainer dan pengrajin kami untuk menciptakan seni otomotif unik yang sesungguhnya. Koleksi terbaru ini dihadirkan sebagai sarana tak terbatas untuk personalisasi Bespoke yang dapat dinikmati oleh setiap pecinta model ini," katanya.

Proses pengerjaannya super cermat dilakukan dalam memilih veneer kayu satu per satu. Ketidaksempurnaan seperti tonjolan dan bintik-bintik akan langsung ditolak.

Pewarnaan masing-masing bagian kayu dilakukan secara tradisional menggunakan tangan untuk menciptakan shading dengan pasir panas (hot-sand shading), sebelum akhirnya di pemeriksaan akhir, veneer kayu akan diperiksa di bawah pembesaran kotak cahaya untuk memastikan kesempurnaan karya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline