Lihat ke Halaman Asli

Menyusun Best Practice PPL 1 Bimbingan dan Konseling PPG dalam Jabatan Kategori 1 Gelombang 2 Tahun 2022

Diperbarui: 21 Januari 2023   22:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL

DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK  KELAS X ULW

SMK NEGERI 1 SELO DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) 

SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Tujuan: Melalui layanan bimbingan klasikal metode Problem Based Learning (PBL) dengan tema "Meningkatkan Motivasi Belajar" peserta didik dapat meningkatkan motivasi belajarnya dalam mengikuti kegiatan belajar di kelas.

Joko Marwanto

Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Gelombang 2 Tahun 2022.

LPTK Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Motivasi Belajar adalah dorongan atau keinginan yang kuat untuk belajar pada diri peserta didik. Peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah biasanya dipengarui oleh faktor-faktor yang ada pada luar dirinya. Analisis Kebutuhan Peserta Didik (AKPD) menunjukkan bahwa 73,3% (22 dari 30) peserta didik kelas X ULW memiliki motivasi belajar rendah. Namun semua tergantung dari faktor yang ada dalam diri peserta didik itu sendiri dengan baik. 

Memelihara perilaku motivasi pada diri peserta didik agar belajarnya tetap semangat harus dilakukan secara optimal yang diikuti dengan antusias baik dari peserta didik itu sendiri. Namun pada kenyataannya masih ada beberapa peserta didik yang mempunyai masalah motivasi belajar rendah yang disebabkan oleh beberapa faktor dari luar diri peserta didik antara lain:

1. Peserta didik tidak tertarik dengan materi yang disampaikan guru.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline