Maju mundurnya sebuah Negara boleh di pastikan atau bisa terukur dari majunya sebuah pendidikan yang ada di Negara tersebut. Tidak mengherankan dan harus dilaksanakan dan bahkan sudah kita alami saat ini bahwa kurikulum selalu berubah ubah yang artinya selalu diperbaharui dalam beberapa waktu .
Maksud dari berubahnya atau bergantinya sebuah kurikulum bukan berarti kurikulum itu tidak baik atau kurang bermutu, tetapi lebih kepada bahwa ada hal hal baru yang perlu di akomodasi yang sesuai dengan kemajuan jaman dalam Pendidikan kita. Perkembangan teknologi yang terjadi begitu pesat saat ini mau tidak mau harus ditanggapi atau disikapi dengan bijak oleh lembaga lembaga terkait supaya didalam melakukan sebuah kebijakan bisa nyambung atau terkait dengan situasi yang sedang berkembang.
Perkembangan yang begitu pesat dalam dunia pendidikan itu tetap akan menampilkan sebuah dinamika baru dalam prosesnya . Dinamika baru itu tentu ada yang mudah segera diserap atau mungkin juga agak lama terserap oleh para pengajar mengingat setiap manusia mempunyai kemampuan yang berbeda beda. Apapun itu dinamikanya, apakah mudah terserap ataupun susah terserap, bahwa sebagai Pengajar harus menampilkan sebuah kekhasan dalam melakukan sebuah pembelajaran. Penampilan pengajaran yang khas dan menyentuh dan mengena dengan situsi psikologis peserta didik pastinya akan membuat pembelajaran di sukai dan bahkan di tunggu tunggu.
Kembali ke dalam sebuah pembelajaran 5 hari sekolah yang sudah dilaksanakan ,dan pasti sudah banyak yang melaksanakannya , tentu pembealjaran 5 hari yang dimulai dari pukul 7.00 pagi sampai menjelang akhir pukul 15.00 sore membuat beban berat bagi para murid mengingat waktu yang begitu panjang dengan materi penuh dan diharapkan harus terserap tuntas ditambah lagi jika pembelajaran terkesan monoton maka hal ini merupakan sebuah petaka bagi sebuah pembelajaran.
Untuk menyikapi hal hal tersebut maka perlu ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para pengajar dalam melakukan pengajaran, hal ini hanya cara dan bukan merupakan hal mutlak dan pasti untuk membuat pembelajaran menarik, sebab juga harus perlu mencermati situasi atau dinamika yang ada dari sebuah lembaga pendidikan tersebut.
- Undang pengajar dari luar sekolah berarti bahwa sekolah harus menyediakan waktu atau biaya lebih, untuk hal ini bisa dilakukan dengan mengundang Lembaga Pendidikan dari GO, atau EF, ataupun LIA, Bimbel ataupun lembaga lembaga yang terkait dengan Pendidikan lainnya . Hal ini dilakukan untuk membuat susasana baru sehingga pada tengah hari yang sudah capek dan penat bisa membangkitkan gairah belajar.
- Undang sebuah lembaga yang sudah bekerja sama dengan sekolah untuk mengisi materi misalnya Lembaga Keuangan sejenis Bank pada pelajaran ekonomi ataupun akuntansi, hal ini akan membangkitkan semangat belajar karena pembelajaran akan di sampaikan oleh orang baru.
- Undang Lembaga Kesehatan seperti Rumah Sakit ataupun Puskesmas untuk mengisi materi Reproduksi pada materi Pelajaran Biologi. Dengan cara yang sedemikan itu akan membuat para peserta didik merasa dalam proses belajarya adanya sesuatu semarak dan menarik.