Lihat ke Halaman Asli

Cara Membuat Murid Tetap Semangat ketika Seharian Belajar

Diperbarui: 24 Juli 2023   12:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Maju mundurnya sebuah Negara boleh di pastikan atau bisa terukur dari majunya sebuah pendidikan  yang ada  di Negara tersebut. Tidak mengherankan dan harus dilaksanakan dan bahkan sudah kita alami saat ini bahwa kurikulum selalu berubah  ubah yang artinya selalu diperbaharui  dalam beberapa waktu . 

Maksud  dari berubahnya atau bergantinya sebuah kurikulum bukan berarti kurikulum itu tidak baik atau kurang bermutu, tetapi lebih kepada bahwa ada hal hal baru yang perlu di akomodasi yang sesuai dengan kemajuan jaman dalam  Pendidikan kita. Perkembangan teknologi yang terjadi begitu pesat saat ini mau tidak mau harus ditanggapi atau disikapi dengan bijak oleh lembaga lembaga terkait supaya  didalam melakukan sebuah kebijakan bisa nyambung atau terkait dengan situasi yang sedang berkembang.

dokpri

Perkembangan yang begitu pesat dalam dunia pendidikan itu tetap akan menampilkan sebuah dinamika baru dalam prosesnya . Dinamika baru itu tentu ada yang mudah segera diserap atau mungkin juga agak lama terserap oleh para pengajar mengingat setiap manusia mempunyai kemampuan yang berbeda beda. Apapun itu dinamikanya,  apakah mudah terserap ataupun susah terserap, bahwa sebagai Pengajar harus menampilkan sebuah kekhasan dalam melakukan sebuah pembelajaran. Penampilan pengajaran  yang khas dan menyentuh dan mengena dengan situsi  psikologis peserta didik pastinya akan membuat pembelajaran di sukai dan bahkan di tunggu tunggu.

dokpri

Kembali ke dalam sebuah pembelajaran  5 hari sekolah  yang  sudah dilaksanakan ,dan pasti sudah banyak yang melaksanakannya , tentu pembealjaran 5 hari yang dimulai dari pukul 7.00 pagi sampai menjelang akhir pukul 15.00 sore membuat beban berat bagi para murid mengingat waktu yang begitu panjang dengan materi penuh dan diharapkan harus terserap tuntas ditambah  lagi jika pembelajaran terkesan monoton maka hal ini merupakan sebuah petaka bagi sebuah pembelajaran. 

Untuk menyikapi hal hal tersebut maka perlu ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para pengajar dalam melakukan pengajaran, hal ini hanya cara dan bukan merupakan hal mutlak dan pasti untuk membuat pembelajaran menarik, sebab juga harus perlu mencermati  situasi atau dinamika yang ada  dari sebuah lembaga pendidikan  tersebut.

dokpri

  • Undang pengajar dari luar sekolah berarti bahwa  sekolah harus menyediakan waktu atau biaya lebih,  untuk hal ini bisa dilakukan dengan mengundang Lembaga Pendidikan dari GO, atau EF, ataupun  LIA, Bimbel ataupun lembaga lembaga  yang terkait dengan Pendidikan lainnya . Hal ini dilakukan untuk membuat susasana baru  sehingga  pada tengah hari yang sudah capek dan penat bisa membangkitkan gairah belajar.

semangat-8-64be0ed9a0688f161a03a643.jpeg

  • Undang sebuah lembaga yang sudah bekerja sama dengan sekolah untuk mengisi materi misalnya Lembaga Keuangan sejenis Bank pada pelajaran ekonomi ataupun akuntansi, hal ini akan membangkitkan semangat belajar karena  pembelajaran akan di sampaikan oleh orang baru.

Input sumber gambar

  • Undang Lembaga  Kesehatan  seperti Rumah Sakit ataupun Puskesmas untuk mengisi materi Reproduksi pada materi Pelajaran Biologi. Dengan cara yang sedemikan itu akan membuat para peserta didik merasa dalam proses belajarya  adanya sesuatu semarak dan menarik.  
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline