Kerjasama Sekolah Dengan Pihak Luar Demi Semangat Peserta Didik
Bahwa setiap warga negara berhak untuk mendapat pendidikan yang layak adalah sesuai dengan Undang Undang Dasar yang kita anut di Negara yang sudah merdeka selama 77 tahun ini. Namun kemerdekaan yang jika diukur dengan umur manusia ini sudah tentu, sejatinya bahwa hidup kebernegaraan Bangsa kita sudah dewasa.
Dari masa orde lama sampai masa sekarang dan kini kita sudah menginjak dan menikmati tahun 2023. Selama itu juga para Bapak bangsa kita sudah tentu sekali berfikir tentang bagaimana Negara yang dipimpinnya menjadi Negara yang berubah ke tataran yang lebih baik. Dalam ranah pendidikan saat ini Bangsa kita telah menikmati menu hidangan yang bisa dikatakan Lezat karena terhidangkannya Kurikulum Merdeka.
Lahirnya Kurikulum Merdeka tentumya tidak serta merta bahwa kurikulum tersebut adalah hasil daripada ide yang secara singkat didapat dan berasal dari seseorang atau sekelompok tertentu. Perihal itu sejatinya berasal dari pengalaman, pemenungan dan juga berbagai refleksi dari para pelaku dunia pendidikan dari mulai jaman orde lama sampai jaman tampilnya Presiden Joko Widodo dan kita semua alami saat ini.
Ada begitu banyak terobosan dan perubahan dalam dunia pendidikan yang dilakukan oleh Pemerintah maupun lembaga lain yang berusaha selalu mencari suatu pola atau model dari suatu pembelajaran yang berdaya guna untuk meningkatkan mutu pendidikan di Negara kita ini.
Patut disadari bahwa dari setiap kurikulum yang tertampil dan terlaksana ada kelemahan atau kekurangan oleh karena tersandung dengan kondisi para pembelajar dalam tingkatan demografi, psikologis, dan geografi yang berbeda-beda. Dalam Kurikulum Merdeka ada istilah Capaian Pembelajaran dan juga Alur Pembelajaran yang merupakan istilah baru dari hasil pengalaman dan juga refleksi selama ini demi tercapainya pendidikan yang maju dan bermartabat.
Bahwa harus diakui, dihargai, dan juga harus laksanakan serta dihayati bahwa Kurikulum Merdeka merupakan terobosan jitu bagi naiknya tataran derajat dunia pendidikan kita dan senyatanya itu pasti. Dalam tulisan ini saya akan mencoba atau juga berpendapat katakanlah berandai-andai bahwa masih juga ada terobosan jitu dan kontekstual lain yang perlu juga digali bagi setiap pelaku dunia pendidikan yang lebih lagi berkesesuaian,berkeanekaragaman,berkelanjutan serta berkegunaan. Sebagai conntohnya kita bisa bekerjasama dengan pihak lain seperti Bank, Rumah Sakit, Para Pebisnis, Petani sukses, Pedagang sukses, atau juga Karyawan sukses dan lain-lain.