Lihat ke Halaman Asli

joko aji

Guru Matematika Pada SMP Negeri 1 Peureulak

Tugas Aksi Nyata Modul 3.1

Diperbarui: 16 September 2023   20:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pembahasan

A. Deskripsi Singkat Kasus Yang Terjadi

Ada murid bernama Joko (bukan nama sebenarnya) adalah siswa kelas Unggul (VII.1) di SMP Negeri 1 Peureulak yang memiliki perilaku baik dan sopan, namun banyak alfa dan bolos, walaupun dia berangkat sekolah selalu datang terlambat padahal jarak rumah dari sekolah tidak jauh Cuma 1 Km dan selalu diantar oleh ibu angkatnya naik sepeda montor. Ketika dikelas Joko selalu tertidur, tidak bisa membaca lancar dan semua tugas dari guru mata pelajaran baik PR atau tugas yang lain selalu tidak dikerjakan. Walaupun dikerjakan akan selalu mendapatkan nilai rendah, hal ini ditakutkan bisa menyebabkan kawan yang lain mengikuti apa yang dilakukan Joko. Sebagai wali kelasnya saya akhirnya mengumpulkan berbagai informasi dari guru yang mengajar di kelas saya (kelas VII.1) dari data yang saya kumpulkan ternyata kesemuanya memiliki kesamaan dan berunjung hal yang sama. Akhirnya saya melaporkan kejadian dan data yang saya peroleh kepada kepala sekolah serta meminta pendampingan guru BK untuk membantu menjelaskan kepada kepala sekolah bahwa Joko lambat didalam kelas untuk mengikuti kegiatan KBM dikelas unggul (VII.1). akhirnya kepala sekolah menyetujui untuk mengundang orang tua Joko untuk membahas masalah tentang Joko disekolah.

Orang tua angkat Joko sebenarnya adalah bibi kandungnya (kakak dari ibu kandung Joko), karena ibu Joko hamil diluar nikah maka setelah Joko lahir , Joko diasuh oleh bibinya karena bibi Joko tidak bisa memiliki anak, orang tua angkat Joko sangat kaya raya dan merupakan keluarga terkenal di kota peureulak, ayahnya adalah seorang dosen di perguruan tinggi negeri dikota langsa dan ibu angkatnya adalah ibu sosialita yang sering berjalan jalan keluar negeri medan singapura, Malaysia minimal sekali setiap bulannya. Karena hal itu kepala sekolah sangat berhati hati didalam bertindak takut berbuat kesalahan bukanya menyelesaikan masalah takutnya malah menambah masalah dikemudian hari.

Pada hari pemanggilan orang tua Joko, datanglah ibunya joko untuk bertemu dengan kepala sekolah diruang kepsek. Dalam kegiatan itu dihadirkan juga saya selaku wali kelasnya, guru BK, waka kurikulum dan guru yang disegani dan dihormati dikota peureulak. Dalam kegiatan tersebut mulailah satu persatu menceritakan kejadian Joko dan bagaimana kondisi Joko jika dikelas. Akhirnya orang tua Joko setuju dan mengikuti segala kebijakan kelas yang akan diberikan kepada Joko asalkan Joko tidak dikeluarkan dan untuk kebaikan Joko sendiri. Akhirnya hasil musyawarah disetujui bahwa Joko akan dipindahkan dari kelas unggul kekelas regular dengan perjanjian akan berubah baik didalam disiplin masuk sekolah atau belajar dikelas. Orang tua Joko pun setuju untuk melakukan pendampingan ketika Joko belajar dirumah dan mengurangi kegiatan jalan jalanya keluar negeri agar Joko bisa fokus belajar dengan pengawasan orang tua.

B. Tujuan

Pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran dalam membantu menyelesaikan masalah yang dialami murid (dalam hal ini joko).

C. Tolak Ukur

1. Dihasilkan  keputusan yag tepat agar tidak merugikan pihak manapun (win win solution)

2. Keputusan harus berpihak pada murid dan dapat dipertanggungjawabkan.

D. Paradigma

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline