Lihat ke Halaman Asli

Joiva Olyvia

Mahasiswa

Rangkaian Kegiatan Modul Nusantara Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Pertemuan 1-8 Kelompok 03 Inbound Universitas Jember

Diperbarui: 2 November 2023   15:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kebhinekaan 1

Modul Nusantara adalah salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa yang sedang mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Mata kuliah ini dibebani 4sks yang memiliki 4 jenis kegiatan, yaitu Kebhinekaan (8 kali aktivitas, contoh Eksplorasi lokasi budaya, berkunjung ke museum, rumah adat,dsb), Inspirasi ( 2 kali aktivitas, mahasiswa mengikuti talkshow dari figure inspiratif daerah contohnya, atlet berprestasi, kepala daerah, dsb), Refleksi (5 kali aktivitas, contohnya sharing kelompok, renungan dsb, Kontribusi Sosial (1 kali aktivitas, contohnya bakti social,relawan,membuat kelas inspirasi,dsb). Kegiatan Modul Nusantara ini bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan kebudayaan di Indonesia yang berasal dari berbagai ras,suku,agama,golongan dan kepercayaan. 

1. Kebhinekaan 1 : Ask Me Everything

Modul Nusantara Kelompok 03 Inbound Unej dimulai pada tanggal 26 agustus 2023 yaitu, Kebhinekaan 1 "Ask Me Everything" yang dilaksanakan di halaman Gedung Rektorat Universitas Jember. Kami didampingi oleh Ibu Nurul Dwi Novikarumsari,S.P, M.Si sebagai Dosen Pembimbing Lapangan dan juga Raisa Wahyu Nurainini sebagai mentor kami.

Kegiatan kami dimulai dengan DPL dan mentor memperkenalkan diri, lalu dilanjutkan dengan para mahasiswa dari latar belakang yang berbeda-beda memperkenalkan diri dan juga memperkenalkan adat istiadat, kepercayaan, bahasa daerah, baju adat, lagu daerah, dsb yang kami anut. Adapun manfaat dari kebhinekaaan 1 ini yaitu menambah wawasan kami para mahasiswa akan keberagaman adat istiadat di Indonesia.

Setelah selesai memperkenalkan diri masing-masing, kami diperbolehkan bertanya dan berdiskusi kepada teman sekelompok yang berbeda adat istiadat yang dianut. Misalnya, bagaimana tradisi adat yang ada di kalimantan, bagaimana logat bahasa mereka.  Melalui kebhinekaan 1 ini, kami mulai mengenal berbagai adat istiadat istiadat di Indonesia yang ternyata begitu beraneka ragam.

2. Kebhinekaan 2 : Mana Permainanmu

Dokumentasi Kebhinekaan 2

Pertemuan Modul Nusantara Kedua kali ini dilaksanakan pada tanggal 27 agustus 2023 di Lapangan Universitas Jember, dengan nama kegiatan Kebhinekaan 2 "Mana Permainanmu?"

Kegiatan kedua ini juga didampingi oleh DPL dan mentor kami. Kami memainkan permainan yang bernama 'gerobak sodor' . Kami dibagi menjadi 4 kelompok, satu kelompok terdiri dari 6 orang. Lalu kami membuat arena permainan dengan menggunakan tali plastik. Tali plastik di bentuk menjadi 6 kolom. Setiap kolom di jaga oleh kelompok penjaga dan kelompok yang bermain tidak boleh tersentuh oleh kelompok penjaga sampai garis finish. Yang sampai ke garis finish tanpa tersentuh oleh kelompok penjaga adalah pemenangnya.

Game ini sangat menyenangkan buat kami, melalui game ini kami dilatih untuk selalu menjalin kerjasama yang baik, solidaritas yang tinggi, dan tidak mementingkan ego sendiri antara amggota kelompok.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline