Lihat ke Halaman Asli

John Rubby P

Planter yang selalu belajar

Masa Depan Adalah Gaya

Diperbarui: 18 Juni 2015   05:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Saya terinspirasi membuat tulisan ini oleh ungkapan dosen saya, sewaktu saya kuliah di Fakultas Pertanian, Universita Lampung (UNILA).  Dosen saya itu S3 dibidang genetika dan pemuliaan tanaman, nama beliau Saiful Hikam, Ph.D  ( semoga beliau tidak kebertan saya sebut namanya di tulisan saya). semasa saya mengikuti mata kuliah yang beliau ajarkan, ada 4 mata kuliah yang saya ikuti yaitu genetika dasar, pemuliaan tanaman, genetika lanjutan, dan pemuliaan tannaman lanjutan.  Dua matakuliah pertama adalah matakuliah wajib, sedangkan dua terakhir adalah mata kuliah pilihan.
Dalam satu kesempatan, saat beliau mngajar mata kuliah lanjutan, beliau berbicara akan tetapi sedikit keluar dari konteks mata kuliah yang beliau ajarkan.  Beliau bercerita tentang perkembangan teknologi, walau pada saat itu perkembangan teknologi tidak secepat perkembangan saat ini, saat itu seorang dosen hampir semua belum memiliki laptop apalagi HP, akan tetapi beliau sudah memiliki laptop, yang menurut pengakuan beliau, laptop itu dibeli saat beliau mengambil S3 di USA.
Menurut beliau perkembangan teknologi saat ini tidak akan bisa kita ikuti, satu teknologi belum sepenuhnya kita fahami sudah akan muncul teknologi terkini, dan beliau mengatakan yang dijual masa depan bukanlah sekedar keunggulan dan kegunaan suatu produk, melainkan gaya.  Saya ulangi kembali yang dijual bukan sekedar keunggulan dan kegunaan produk, yang dijual adalah gaya, menurut saya ungkapan beliau sangat relefan dewasa ini, mari kita lihat, begitu banyak fendor saat ini yang mengeluarkan produl terutama telephon seluler, setiap bulan pasti ada produk baru yang ditawarkan,  pertanyaannya adalah apakah kita semua membutuhkannya. belum lagi berbagai fitur yang ada didalamnya, satu produk belum bisa kita manfaatkan sepenuhnya, telah muncul produk yang lebih maju dari sebelumnya.  Dan begitu banyak diantara kita yang membeli HP canggih bukan dipakai sepenuhnya untuk mendukung erjaan , akan tetapi hanya digunakan supaya kelihatan lebih keren, lebih gaya, dan lebih wah.
Maka benarlah yang pak Saiful Hikam sebutkan, yang dijual saat ini bukan kegunaan, atau keunggulan suatu produk, melainkan GAYA.  Semoga beliau tersenyum jika membaca tulisan saya.  salam gaya ala  saya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline