Lihat ke Halaman Asli

Johansyah M

Penjelajah

Cermin

Diperbarui: 26 Juni 2020   10:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pnegg.com

Setiap hari kita berhadapan dengan cermin untuk memastikan semua kondisi fisik yang sering menjadi pusat perhatian, terutama wajah, apakah sudah terlihat rapih. 

Terkadang tidak tau kalau di hidung kita ada upil, lalu ketika berdiri di hadapan cermin baru kelihatan. Kalau kaum ibu, tidak diragukan lagi, biasanya untuk meratakan bedak dan merapikan dandanannya selalu harus berada di depan cermin dalam waktu yang relatif lama dibandingkan kaum bapak.

Cermin memang dibuat untuk mempermudah manusia untuk melihat aspek-aspek fisik empiris yang berada di depannya. Bagaimana pun hebatnya mata, tidak bisa memandang keseluruhan tubuh tanpa bantuan dari cermin. Cermin akan menunjukkan apa adanya dari wajah kita atau bagian tubuh lainnya tanpa ada rekayasa.

Kalau cermin digunakan untuk mereflesikan secara empiris bentuk fisik seseorang, lalu media apa yang digunakannya untuk melihat kondisi psikis dirinya sendiri? 

Pasti dirinya sendiri yang tau. Tapi, sering kali seseorang tidak objektif ketika menilai dirinya sendiri. Pernyataan-pernyataan yang dia keluarkan seputar dirinya cenderung berupa hal-hal yang baik, sementara yang buruk dia sembunyikan. 

Ini menunjukkan bahwa meski manusia secara batin mengetahui sendiri apa dan bagaimana dirinya, tetapi tidak dapat menjadi cermin untuk menunjukkan siapa dia sebenarnya.

Lalu siapa cermin pribadi seseorang? Cerminnya ada pada orang-orang sekitarnya. Orang-orang sekitarnyalah yang mampu menunjukkan apa adanya kepribadiannya setelah mereka berinteraksi, melihat, dan mendengar beragam informasi tentang orang tersebut. 

Orang sekitarnya kemudian akan memberikan penilaian bahwa dia berkarakter seperti apa; jujur, santun, tanggung jawab, berani daan seterusnya. Atau dia berkarakter licik, picik, pelit, diktator, munafik, dan seterusnya.

Penilaian orang sekitar kita adalah cermin yang merefleksikan kepribadian kita sesungguhnya. Benar seratus persen tentu tidak, tapi ketika mayoritas mengatakan bahwa pribadi seseorang itu baik, maka itulah dia yang sebenarnya. 

Atau mayoritas mengatakan pribadi orang itu tidak baik, maka itulah dia yang sesungguhnya. Yang sebagian kecilnya, memang ada yang menilai tidak sama, itu mungkin karena salah paham, atau ada hal-hal yang dia tidak senangi dari pribadi orang tersebut. 

Dan tentu, terkadang ketika seseorang berbuat baik saja masih ada yang menilai macam-macam, apalagi memang berbuat jahat. Walau begitu, kalau memang dasarnya baik, maka itu yang tetap muncul ke permukaan pribadi seseorang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline