Lihat ke Halaman Asli

Kavya

TERVERIFIKASI

Menulis

Cukup Satu Musim Saja, Bhayangkara FC akan Kembali ke Liga 1

Diperbarui: 25 April 2024   19:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Manajer Sumardji dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong di Stadion GBK Senayan (Foto : kompas.com) 

Cukup satu musim, lalu kembali ke Liga 1.

Itu yang dicanangkan oleh Bhayangkara FC (BFC), klub milik institusi kepolisian yang terdegradasi dalam Liga 1 musim 2023/2024. BFC mendampingi Persikabo 1973 yang sudah lebih dulu turun kasta.

Saat artikel ini ditulis, belum diketahui klub mana yang ikut terdegradasi ke Liga 2 musim depan. Terdapat setidaknya empat klub saling menyelamatkan diri agar tidak tersungkur, yakni PSS Sleman, Arema FC, RANS Nusantara dan Persita Tangerang.

Tidak seperti Persikabo 1973 yang belum memberikan pernyataan tentang turun kasta itu, BFC langsung menyampaikan ambisinya untuk bangkit. Mereka bertekad hanya satu musim saja di Liga 2.

Tekad itu diikuti dengan disiapkannya skuad yang akan dihuni oleh para pemain yang menjadi anggota polisi. Mereka bukan wajah baru tapi sudah punya pengalaman di Liga 1, beberapa diantaranya berlabel pemain tim nasional.

Pemain timnas itu seperti Muhammad Ferarri yang saat ini masih menjadi bek Persija Jakarta, Timnas Indonesia, dan timnas U-23. Ia baru dilantik sebagai anggota kepolisian belum lama ini bersama beberapa pemain alumni timnas U-20 yang gagal berkancah di Piala Dunia U-23 2023.

Pemain timnas lainnya yang anggota kepolisian adalah Ginanjar Wahyu (Arema FC), Frengky Missa (Persikabo 1973), Kakang Rudianto (Persib Bandung), Ananda Raehan (PSM Makassar).

Selain itu juga adalah Dimas Juliano Pamungkas (Bhayangkara FC), Rabbani Tasnim Siddiq (RANS Nusantara FC), Daffa Fasya (Borneo FC), dan Muhammad Faiz Maulana (Bhayangkara FC).

"Semua pemain yang berstatus polisi baik di Bhayangkara FC maupun bermain di klub luar wajib bertanggung jawab menaikkan kembali tim ini ke Liga 1," kata Chief Operationg Officer Bhayangkara FC, Sumardji saat saya hubungi lewat Whatsapp, juga berbicara lewat telepon.

Pria berpangkat Kombes itu saat ini masih berada di Qatar, mendampingi Timnas U-23 yang mencetak Sejarah melaju ke perempat final Piala Asia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline