Lihat ke Halaman Asli

johannes simorangkir

Mahasiswa PPG Prajabatan

Kasus Pendidikan Ketika Siswa Kesulitan Belajar Membaca di Bangku Sekolah Dasar

Diperbarui: 21 Maret 2024   16:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kasus Pendidikan Ketika Siswa Kesulitan Belajar Menghitung, Membaca, Menulis di Bangku Sekolah Dasar, kasus kali ini adalah siswa kelas 6 yang tidak mengenal huruf sama sekali sehingga guru kelas 6 kebingungan untuk mengajari dia untuk membaca padahal waktu untuk belajar di sekolah ajah sangat sedikit, ketika guru kelas 6 membawa siswa kedalam kelas kosong untuk mengajari dan disuruh untuk menysun kata sesuai gambar yang telah diberikan siswa tersebut menyusun huruf dengan terbalik namun guru kelas 6 tetap semangat karena orang tua siswa tidak pedulu, jika anda di posisi itu hal apa yang anda lakukan ..............

Jawaban :

Langkah yang saya lakukan adalah pertama berbicara dengan orang tua siswa terkait dengan siswa yang tidak bisa kesulitan belajar menghitung, membaca, menulis jika orang tua tida respon terkait dengan masalah terebut, alangkah baiknya guru memberikan waktu kepada siswa sepulang sekolah untuk belajar didalam ruangan supaya siswa tersebut dapat mengenal huruf dan guru tersebut tidak boleh memngejek namun harus memberikan dukungan dan support supaya dia tetap semangat dalam belajar. jangan pernah membiarkan siswa yang memiliki kemampuan rendah namun kita sebagai pendidik harus mengajari walaupun waktu siang harus digunakan.

Langkah kedua adalah guru harus tetap kuat dan tabah dalam mengajari siswa tersebut dari awal khususnya mengenal huruf terlebih dahulu karena memang capek mengajari siswa dari awal, namun hal itu sudah menjadi tanggung jawab sebagai penddik harus mengajari, mendidik, membimbing dan lain-lain.

Jika memang siswa tersebut tidak bisa mengenal huruf gunakan kartu huruf dan gambar dimana kita sebagai guru berikan gambar kepada siswa terkait hewan, barang atau pun benda konkret yang sering mereka jumpai, dan suruhlah siswa tersebut untuk menyusun dan membaca secara perlahan siswa tersebut akan paham, jika  sudah paham gunakan kata-kata yang muda dipahami untuk dibaca oleh peserta didik tersebut karena setiap siswa memiliki tingkat kemampuan berbeda-beda jika memang waktu tidak memadai berikan siswa duduk disamping guru agar lebih mudah diajari dan ketika teman-temannya belajar guru harus memberikan tugas kepada siswa lain supaya siswa yang di depan dapat waktu untuk belajar. jangan menyerah buat bapak/ibu guru kita harus tetap semangat menagajri siswa, walaupun orang tua dri siswa kita tidak pedulu mohon jangan biarkan mereka untuk kebingungan juga tapi bantulah dan arahkan dia, siswa kita juga tidak ingin seperti itu mereka juga ingin pintar oleh karena itu kita tetap semngat dan berikan arggumen mu jika ada pemahaman yang berbeda dengan saya supaya saya dapat mengaplikasikan di sekolah saya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline