Lihat ke Halaman Asli

Johan Wahyudi

TERVERIFIKASI

Guru, Pengajar, Pembelajar, Penulis, Penyunting, dan Penyuka Olahraga

Bagaimana Mengatasi Anak yang Demikian Ini? (Tolong Bantu Saya)

Diperbarui: 26 Juni 2015   04:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

[caption id="attachment_119008" align="aligncenter" width="640" caption="Muhammad Zuhdi Alghifari"][/caption]

Anak sulungku lagi bikin ulah. Sudah empat hari ini, Zuhdi selalu tidur di rumah neneknya. Zuhdi tidak mau tidur di rumah. Sementara itu, saya sudah menuruti hampir semua permintaannya. Saya dan istri dibuat pusing. Mengapa? Kedua adiknya sering mengigau mencari kakaknya di tengah malam.

Ya. Memang empat hari ini, Zuhdi memilih tidur di rumah neneknya. Awalnya Zuhdi minta izin hanya sehari. Ketika saya mengontrolnya, memang Zuhdi memang tidur di sana. Zuhdi memang sudah terlatih mandiri. Namun, saya mengkhawatirkan kondisi psikisnya. Lho, memangnya mengapa? Nenek (ibuku) sudah terlalu tua jika Zuhdi minta ini dan itu. Saya khawatir jika Zuhdi merepotkan neneknya.

Kondisi ini diperparah oleh tangisan dan igauan kedua adiknya menjelang tidur. Kedua adiknya selalu menanyakan keberadaan kakaknya. Akibatnya, kedua adiknya sering tidur kemalaman. Bahkan, setiap malam, kedua adiknya sering terbangun dan memanggil-manggil kakaknya. Kami pun pusing.

Tadi, kami mengajak anak-anak untuk makan ke luar rumah. Dalam perjalanan itu, saya berusaha membujuk Zuhdi agar mau tidur di rumah. Namun, Zuhdi bersikeras ingin tidur lagi di rumah neneknya. Ketika saya agak memaksanya, Zuhdi malah menangis. Dan saya paling benci melihat air mata. Mengapa? Saya mudah terharu dan terpancing untuk ikut menangis.

Satu lagi yang membuat kami sedih. Zuhdi minta izin untuk menghabiskan liburan dengan tidur di rumah neneknya. Wah, saya benar-benar pusing.  Liburannya selama tiga minggu.  Jika keinginannya tidak dituruti, Zuhdi bisa marah dan menangis. Jika dituruti, kedua adiknya selalu mencarinya di tengah malam. Mungkin para sahabat bisa memberikan saran untuk kami. Untuk saran dan perhatiannya, saya menyampaikan ucapan terima kasih.

Selamat Malam




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline