Lihat ke Halaman Asli

Johan Wahyudi

TERVERIFIKASI

Guru, Pengajar, Pembelajar, Penulis, Penyunting, dan Penyuka Olahraga

Sumber Inspirasi Anda: Portal Garuda

Diperbarui: 26 Juni 2015   12:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Tadi, Selasa (5 Oktober 2010), saya menghadiri undangan Sosialisasi E-Journal, Portal Garuda Program Dikti di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Acara itu menghadirkan Ibu Dra. Luki Wijayanti,M.Si (Kepala UPT Perpustakaan Universitas Indonesia), Drs. Harmawan, M.Lib. (Kepala Biro Kemahasiswaan UNS), dan Drs. Widodo, M.Soc.Sc (Kepala UPT Perpustakaan UNS).

Portal Garuda adalah sebuah portal rujukan ilmiah nasional yang telah diluncurkan secara resmi pada 15 Desember 2009 lalu. Garuda (Garba Rujukan Digital) adalah portal penemuan referensi ilmiah dan umum karya anak bangsa Indonesia. Portal ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan peneliti yang sedang menyelesaikan tugas akhirnya.

[caption id="attachment_279627" align="alignleft" width="300" caption="Portal Garuda bermanfaat bagi dosen, peneliti, dan akademisi"][/caption]

Portal Garuda berisi karya akademisi dan peneliti, seperti artikel jurnal, tugas akhir mahasiswa, prosiding, bahan ajar, paten, makalah, pidato pengukuhan, dan laporan penelitian. Selain itu, Portal Garuda juga berisi karya-karya umum, seperti fiksi (novel, cerpen, puisi), film, lukisan, desain dan lain-lain.

Portal Garuda dikelola oleh DP2M-Dikti Kemendiknas. Pelaksanaannya diserahkan kepada Perpustakaan Universitas Indonesia. Portal Garuda juga bermitra dengan banyak lembaga, seperti perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan nasional dan umum, lembaga penelitian, dan lembaga pemerintah.

Para pembaca dapat mengakses Portal Garuda di www.garuda.dikti.go.id dan www.jurnal.dikti.go.id. Anda tidak perlu menjadi member alias gratis! Keduanya dapat diakses dengan menggunakan intranet dan internet. Di dalamnya termuat informasi local content lengkap, seperti bibliografi, abstrak sampai dengan fulltext dari berbagai pengelola informasi digital.

Untuk mengakses Portal Garuda, silakan ikuti petunjuk berikut.

1.Ketik di kotak address www.garuda.dikti.go.id dan www.jurnal.dikti.go.id

2.Masukkan query (kata kunci/ istilah yang diperlukan) ke kotak pencarian, lalu tekan tombol Telusuri.

3.Komputer akan menampilkan hasil telusuri sesuai dengan query tadi lengkap dengan judul, penulis, nama lembaga, dan URL-nya.

4.Klik (optional) judul untuk melihat abstrak dan permalink untuk melihat data lengkap dari masing-masing PT.

5.Klik back atau klik kembali ke hasil pencarian untuk menuju ke halaman awal.

[caption id="attachment_279629" align="alignleft" width="300" caption="Semoga laporan ini bermanfaat"][/caption]

Portal Garuda memang sangat bermanfaat bagi peneliti. Namun, itu tidak berarti bahwa nonakademisi dilarang untuk membacanya. Jadi, tidak salah jika informasi ini dapat digunakan untuk membantu Anda dan saudara lain. Nah, selamat belajar bersikap ilmiah dengan berkarya ilmiah. Semoga bermanfaat. Selamat malam!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline