Lihat ke Halaman Asli

Johanis Malingkas

TERVERIFIKASI

Penikmat kata

Hepatitis Akut Misterius? Hadapi dengan Hati-hati dan Tetap Tenang!

Diperbarui: 5 Mei 2022   20:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi Hepatitis  Akut pada anak anak, jepatitis misterius pada anak, gejala hepatitis akut pada anak(sumber:Shutterstock/MIA Studio/Kompas.com)

Lagi lagi dunia dilanda persoalan kesehatan. Pandemi covid yang masih dalam pemulihan kini merebak kasus Hepatitis Akut  melanda benua Eropa, Amerika, kawasan Pasifik Barat termasuk juga di Asia Tenggara.

Sejak 1 Mei 2022, telah dilaporkan terjadi 228 dugaan kauss Hepatitis Akut ke Badan Ksehatan Dunia, WHO. Bahkan terdapat 50 kasus tambahan yang sementara di selidiki pihak WHO, sebagaimana disampaikan Tarik Jasarevic, Juru Bicara WHO yang di kutip dari AFP dan di rilis kompas.com.

Tarik Jasarevic, jubir WHO(sumber: news.un.org)

Himbauan Kemenkes.

Sebagaimana diinformasikan oleh media massa bahwa  baru baru ini 3 pasien anak yang dirawat di RS Ciptomangunkusumo Jakarta meninggal dunia diduga karena terjangkit Hepatitis Akut tersebut.

Pihak pemerintah, melalui Kementerian Kesehatan (KEMENKES) RI  dalam siaran pers per 1 Mei 2022, bahwa ketiga pasien anak yang meninggal ini adalah pasien yang di rujuk dari Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Kemenkes masih melakukan ivestigasi mengenai penyebab kejadian hepatitis akut misterius ini melalui pemeriksaan panel vurus lengkap.

Kemenkes, lewat juru bicaranya, Siti Nadia Tarmizi menghimbau masyarakat agar selama masa investigasi untuk berhati hati dan tetap tenang

Pihaknya, menyebutkan Kemenkes telah meningkatkan kewaspadaan dalam dua minggu terakhir usai WHO menyatakan kasus Hepatitis Akut yang menyerang anak anak belum diketahui penyebabnya dan ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

Jubur Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi (sumber: dok humas kemenkes/kompas.com)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline