Lihat ke Halaman Asli

Johanis Malingkas

TERVERIFIKASI

Penikmat kata

Masih Perlu Ada Menteri Penerangan di Indonesia?

Diperbarui: 22 Juli 2015   11:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi (sumber:kemeterian komunikasi dan informatika RI)

Semua orang tahu bahwa Presiden RI dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh suatu Kabinet. Tugas utama kabinet adalah menjalankan aktivitas mandat yang akan dilaksanakan eksekutif agar dapat terkoordinasi dengan baik dan berjalan lancar.

Negara kita adalah negara yang luas dengan penduduk yang besar dan dengan tingkat pengetahuan masyarakat yang bervariasi. Dalam kondisi masyarakat yang bervariasi tingkat pendidikan yang tidak sama ini maka diperlukan upaya penyadaran dan pemahaman masyarakat mengenai berbagai aktivitas pembangunan dan diharapkan agar masyarakat mampu ikut serta menunjang jalannya roda pembangunan itu sendiri.

Salah satu faktor penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap proses pembangunan di berbagai sektor ini adalah masalah komunikasi dan informasi.

Di kabinet kita ada Menteri yang memimpin kementerian Komunikasi dan Informatika dengan tugas dan fungsi pokoknya.

Tugas & Fungsi Kementerian Komunikasi dan Informatika adalah sebagai berikut:

Tugas : Kementerian Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas menyelenggarakan urusan di bidang komunikasi dan informatika dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Fungsi :

  1. Perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang komunikasi dan informatika; 
  2. Pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Komunikasi dan Informatika; 
  3. Pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika; 
  4. Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan urusan Kementerian Komunikasi dan Informatika di daerah; dan 
  5. Pelaksanaan kegiatan teknis yang berskala nasional.

Point 4 dan 5 fungsi kementerian ini dapat dipahami sebagai tugas yang cukup penting dan strategis mengingat wilayah teritorial kita berupa kepulauan sehingga jangkauan pelaksanaan tugas dan fungsi ini menjadi berat.

Namun karena ini menjadi tugas dan fungsi mau tidak mau harus dijalankan agar segala program yang di rencanakan akan terlaksana dengan baik sampai  ke seluruh pelosok dari Sabang hingga Merauke.

Nah, persoalan yang lagi hangat dibicarakan akhir-akhir ini adalah tragedi Tolikara. Sorotan masyarakat terhadap persoalan yang terjadi di Tolikara menimbulkan berbagai opini dan pendapat yang berbeda-beda sesuai kacamata masing-masing. Menurut saya persoalan Tolikara perlu diselesaikan secara arif da bijaksana oleh semua pihak yang berkepentingan baik pemerintah maupun lembaga agama dan lembaga suku yang ada disana dimana pemerintah pusat menjadi mediator utama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline