Lihat ke Halaman Asli

Johanis Malingkas

TERVERIFIKASI

Penikmat kata

Ayo ke TMII : Berekreasi Sambil Belajar Budaya Kita

Diperbarui: 17 Juni 2015   09:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Rentang waktu selama 40 tahun eksistensi Taman Mini Indonesia Indah(TMII) dalam kiprahnya sebagai objek wisata nasional tentunya menyimpan begitu banyak catatan di hati rakyat Indonesia. Bila ditelusuri kesan-pesan mereka yang pernah berkunjung kesana maka akan tersirat aneka ragam pendapat dan opini yang menarik. Sebagai salah sorang warga yang tingal di Manado dan pernah berkunjung ke TMII saya memiliki cacatan tersendiri. Kesan ini terangkum dalam dua kata: KAGUM dan BANGGA. Kekaguman ini muncul ketika melihat berbagai sarana dan prasarana yang ada di TMII dimana terkesan betapa kayanya bangsa kita dengan budaya yang beranekaragam bila kita berkunjung ke anjungan daerah berarsitektur tradisional.Disana kita akan melihat aneka seni budaya tradisional yang mempesona. Kita dapat melihat seni dan budaya daerah lain tanpa kita mengunjungi ke daerah itu.Kita dapat menyaksikan bangunan keagamaan dari semua golongan agama dan kepercayaan yang dianut masyarakat kita.Danau di tengah lokasi memperlihatkan miniatur kepulauan nusantara kita sekaligus terdapat sarana rekreasi kereta gantung dan berseliweran perahu angsa arsipel Indonesia. Ada juga kolam renang Snow Bay. Disana kita dapat menyaksikan beraneka taman : anggrek, kaktus, melati, bunga keong emas, bekisar, burung yang memperlihatkan kekayaan alam fauna dan flora kita.Ada juga, istana anak-anak Indonesia, desa wisata, museum IPTEK TMII, teater IMAX Keongmas dan teater Tanah Airku. Selanjutnya, kebanggaan saya adalah kita memiliki objek wisata yang luar biasa dan lebih bangga lagi prakarsa menggagasnya oleh seorang bunga bangsa bernama Siti Hartinah yang kita kenal dengan Ibu Tien Soeharto. Dapat dibayangkan bila gagasan ini tidak muncul pada 40 tahun yang lalu, maka kita tidak akan menyaksikan suatu karya monumental yang hingga kini menjadi objek wisata yang terkenal. Objek wisata yang memiliki nilai historis dan strategis dalam perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Strategis karena di tengah-tengah kondisi pergumulan bangsa terhadap upaya pihak yang tidak bertanggung jawab menciptakan disintegrasi bangsa maka TMII tetap konsisten berperan menjadi sarana prasarana penting merekatkan keaneragaman budaya bangsa. Nilai penting dan strategis ini perlu di tumbuhkembangkan terus demi kelestarian dan kesinambungan perjuangan bangsa menggapai citacita luhur yaitu masyarakat yang adil sejahtera dengan mengacu pada Bhineka Tunggal Ika.

Terus Menggali Inspirasi Indonesia (TMII)

Mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah hendaknya dijadikan peluang berekreasi sambil belajar tentang budaya bangsa yang tinggi dan luhur. Setiap insan diberi karunia Tuhan untuk berpikir dan berinspirasi dan menggagas sesuatu yang bernilai bagi kesinambungan perjalanan bangsa. Melalui budaya yang beraneka raga ini diharapkan muncul inspirasi yang digali dari akar budaya yang kuat dan dapaat merekat rasa cinta tanah air dan bersatu tekad membangun bangsa. Masih banyak kekayaan sumberdaya alam dan sumberdaya manusia yang masih terpendam dalam bumi pertiwi. Mari kita gali itu dan kita memperoleh inspirasi yang memunculkan gagasan-gagasan yang luar biasa bagaimana membangun perekonomiaan bangsa melalui kekuatan akar budaya yang telah lama bertumbuh dan berkembang dalam masyarakat yaitu Gotong Royong. Mungkin kita akan mendapaatkan inspirasi bagaimana upaya bangsa lewat para pakar ekonomi agar perbedaan kurs mata uang kita dengen mata uang asing gapnya tidak terlalu besar. Mungkin juga kita akan menemukan inspirasi bagaimana kita menghilangkan budaya korupsi di tanah air kita? Mungkin kita akan mendapatkan inspirasi bagaimana cara menanamkan budi pekerti luhur di hati anak-anak didik sebagai aset bangsa dimasa depan? Mungkin kita mendapatkan inspirasi bagaimana menemukan model pembangunan yang tepat di negara kita dengan konsep perencanaan yang benarbenar menuju ke arah pembangunan yang merata dan mensejahterakan rakyat ke seluruh pelosok negeri.

Akhirnya, saya mengajak kita ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang akan memperingati HUT ke 40 tahun ini. Disana kita akan berekreasi bersama keluarga sambil kita belajar dan mengenal keanekaragaman budaya kita. Niscaya kita akan lebih bersemangat dan terinspirasi untuk lebih mencintai bangsa dan tanah air, kita akan pupuk rasa persatuan dan kesatuan kita. Ingat...bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Dirgahayu Taman Mini Indonesia (TMII)...kiprah dan eksistensimu akan jadi semangat perekat budaya bangsa dari sabang hingga merauke....tetaplah eksis dan selalu ingat bahwa tanpa gagasan Ibu Tien Soeharto bangsa Indonesia tidak akan menyaksikan objek wisata yang luar biasa ini. Sampai kapanpun karya dan jasa ini tidak akan dilupakan setiap anak bangsa. Selamat dan sukses TMII...lokasi berjuta pesona, kebanggaan kita. Teruslah Menggali Inspirasi Indonesia....!!!!!!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline