Lihat ke Halaman Asli

Johanis Malingkas

TERVERIFIKASI

Penikmat kata

Taman Mini Indonesia Indah: Karya Monumental..

Diperbarui: 17 Juni 2015   09:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Sebagai anak bangsa, ada rasa kagum dan bangga. Kagum karena menyaksikan sebuah karya agung nan indah. Bangga karena kita memiliki sesuatu tempat berkunjung yang indah mempesona bahkan kehadirannya dicetus atau digagas oleh seorang wanita yang juga anak bangsa bernama Siti Hartinah.

Ya,,,itulah yang kita kenal dengan TMII (Taman Mini Indonesia Indah). Sebuah kawasan Taman Wisata di Jakarta Timur pada areal seluas kirakira 150 ha atau 1,5 km peregi. Disana kita bisa menyaksikan dan mengenal beranekaragam budaya Nusantara lewat anjungan daerah berarsitektur tradisional. Di tengah kawasan itu terdapat danau sebagai miniatur kepulauan Indonesia dimana juga terdapat sarana rekreasi kereta gantung, perahu angsa arsipel Indonesia dll. Ada juga bangunan keagamaan, taman yang menggambarkan aneka fauna dan flora antara lain: taman anggrek, apotek hidup, kaktus, melati, bekisar,burung. Ada teater IMAX Keong Mas dan teater Tanah Airku. Pada hakekatnya bila kita ingin mengenal kebudayaan Indonesia maka cukuplah kita berkunjung ke objek wisata Taman Mini Indonesia Indah(TMII).

Gagasan

Rasa kagum dan bangga ini menimbulkan ide dan gagasan dalam benak penulis. Sehubungan dengan peringatan HUT TMII tahun ini yang ke 40 tanggal 20 April 2015, panitianya mengadakan aktivitas berupa pemilihan putra/putri TMII, pemilihan anjungan terbaik tahun ini, pemilihan model mirip Ibu Tien Soeharto (pesertanya ibu-ibu dari berbagai daerah di Indonesia). Selain itu, mungkin perlu di buatkan bangunan Museum Budaya berisi  Patung Tanah Liat (mirip patung lilin) yang menampilkan tokoh-tokoh Presiden kita atau tokoh-tokoh yang telah berperan aktif menggagas dan mengembangkan TMII ini. Mungkinkah pula akan muncul sebuah Perguruan Tinggi dengan nama TMII dimasa depan? Mungkin pula perlu dipertimbangkan juga adanya sebuah monumen khusus yang akan didirikan diTMII sebagai penghargaan bangsa kita terhadap penggagas berdirinya TMII ini yaitu Monumen IBU TIEN SOEHARTO. Semoga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline