Lihat ke Halaman Asli

Cinta Kasih Dalam Kebenaran

Diperbarui: 8 September 2022   19:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Cinta kasih dalam kebenaran ini adalah bentuk rasa sayang kita kepada teman kita, tetapi rasa sayang ini bisa menjadi sebuah tombak bagi teman kita. Rasa sayang kita ini bisa ditunjukkan dengan cara kita membantu teman kita tapi cara kita membantu teman ada yang menjerumuskan dan ada yang tidak menjerumuskan.

Contohnya adalah free rider. Kita sebagai teman bisa memilih untuk membantu teman kita sebagai free rider dengan menjerumuskannya atau tidak. Jika ingin menjerumuskannya kita tinggal acuh dan tidak perlu memperingatkan teman kita, kita juga bisa "membantu" dengan cara mengerjakan bagian yang seharusnya teman kita kerjakan. Hal ini tentu menjerumuskan teman kita karena teman kita yang malas itu akan menjadi lebih tertinggal dalam pelajarannya.

JIka kita ingin membantu teman kita dengan cara tidak menjerumuskan, tentu kita akan memperingatkan teman kita agar tidak menjadi free rider lagi. Kita pun bisa melakukan pendekatan dengan teman kita agar kita bisa mengetahui kenapa teman kita menjadi seorang free rider. Dari pendekatan ini pun kita bisa tau perspektif lain dari teman kita. Pada akhirnya ketika kita sudah bertanya, melakukan pendekatan, dan melihat perspektif dari teman kita, kita bisa membantu memberikan solusi agar semuanya bisa menang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline